Yuk Kenali Perbedaan Dua Jenis Letter of Acceptance

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan dengan kuliah di luar negeri, maka kamu akan familiar dengan istilah LoA atau Letter of Acceptance. Letter of Acceptance sendiri adalah bukti bahwa pendaftar sudah diterima di jurusan yang ia tuju di universitas. Letter of Acceptance sendiri terdiri dari dua macam, yuk kenali perbedaaannya.

1. LoA Unconditional

Dari namanya saja, kita sudah paham bahwa Letter of Acceptance satu ini adalah surat pernyataan diterima oleh suatu universitas tanpa syarat apapun lagi. Pendaftar yang sudah mendapatkan Unconditional Letter of Acceptance biasanya sudah pasti diterima dan bahkan bisa melanjutkan pembayaran ke universitas yang dituju, bahkan beberapa beasiswa menyebutkan calon pendaftar yang memiliki LoA Unconditional memiliki poin tersendiri karena secara tidak langsung mengatakan bahwa ia sudah mumpuni untuk menyanggupi segala persyaratan kampus tujuannya.

Dengan LoA Unconditional, calon mahasiswa sudah bisa mendaftarkan izin tinggal dan visa negara tujuan.

2. LoA Conditional

Conditional sendiri memiliki arti yaitu bersyarat, maka sudah bisa dipastikan bahwa LoA Conditional ini adalah ketika kamu sudah hampir diterima di suatu perguruan tinggi atau universitas, tapi kamu belum bisa menyertakan semua persyaratan yang diminta oleh universitas tersebut. Persyaratan yang biasanya paling banyak di kasus LoA Conditional ini adalah para pendaftar yang belum menyertakan sertifikat bahasa yang sudah ditetapkan oleh universitas tujuan, transkip akademik, atau ijazah dan kelengkapan admisitrasi lainnya.

Namun kamu tidak perlu khawatir, ketika kamu sudah mendapatkan LoA Conditional, hal yang perlu kamu lakukan adalah segera melengkapi apa saja persyaratan yang kurang dari berkas pendaftaran kamu. Setelah kamu melengkapi semuanya, pihak universitas pasti akan segera memperbarui LoA kamu yang awalnya conditional atau bersyarat, menjadi unconditional atau tidak bersyarat.

Nah itulah perbedaan dari LoA Unconditional dan LoA Conditional. Jika kamu masih bingung bagaimana caranya mendapakan LoA, terkhusus dari universitas luar negeri, yang pastinya memiliki prosedur yang lebih rumit. Kamu harus mengunjungi website dari universitas tujuan kamu dan mencatat baik-baik persyaratan yang universitas tersebut ajukan dalam prosedur penerimaan mahasiswa baru. Setelah itu kamu bisa memasukkan berkas kamu untuk mendapatkan LoA. Ingat! Persyaratan untuk masuk ke universitas itu sangatlah susah dan butuh persiapan yang matang. Jadi jika kamu ingin melanjutkan studi kamu, maka jangan menunda-nunda lagi untuk mempersiapkan segalanya.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.