Yuk, Kenali Istilah-Istilah Perkuliahan di Kampus Muda Mendunia Ini

Mahasiswa adalah seseorang yang telah lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas (SMA)/ sederajat dan melanjutkan Pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Tentunya perubahan status seseorang dari siswa menjadi mahasiswa mengalami banyak sekali perbedaan.

Tidak heran jika banyak istilah-istilah perkuliahan di Kampus yang sangat jauh berbeda sekali dengan kehidupan di masa SMA dulunya. Nah, bagi kamu sobat muda mendunia yang menjadi mahasiswa baru perlu mengetahui istilah-istilah yang digunakan di kampus. Berikut istilah-istilah perkuliahan yang digunakan di kampus muda mendunia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), diantaranya:

Pertama, Rektor. Adalah Pimpinan tertinggi pada sebuah Universitas/Institut dengan masa jabatan satu periode selama empat tahun. Rektor adalah orang yang mengatur penyelenggaraan dari segala macam kegiatan di kampus.

Kedua, Rektorat. Adalah kantor tempat rektor dan jajaran Universitas berada. rektorat merupakan tempat dimana mahasiswa mendapatkan legalisir akreditasi kampus. Untuk Kampus muda mendunia sendiri, Gedung rektorat berada di Gedung AR Fakhruddin A lantai satu.

Ketiga, DPA (Dosen Pembimbing Akademik) atau Dosen Pembimbing. Kalau di masa Sekolah dulu mungkin sobat muda mendunia mengenal istilah wali kelas. Tapi di dunia perkuliahan istilah Wali Kelas disebut dengan Dosen Pembimbing Akademik (DPA). DPA ini dibagi sebelum hari perkuliahan. DPA ini betugas untuk membimbing mahasiswanya selama masa perkuliahan. Tujuannya untuk membantu mahasiswa Ketika kesulitan dalam proses perkuliahan.

Keempat, KRS (Kartu Rencana Studi). Sesuai namanya KRS ini berisi rencana mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa selama satu semester ke depan. Pada kartu ini akan terdapat jumlah mata kuliah, SKS, Dosen pengampu mata kuliah dan lain-lain.

Kelima, IP (Indeks Prestasi ) dan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). IP adalah nilai rata-rata yang didapatkan oleh mahasiswa selama satu semester. Sedangkan IPK adalah akumulasi nilai yang didapatkan oleh mahasiswa dari semester satu sampai semester terakhir. IPK juga menjadi tolak ukur mahasiswa di akhir perkuliahan untuk mendapatkan predikat cumlaude.

Keenam, SKS (Sistem Kredit Semester). SKS merupakan beban mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa. Dalam pemilihan SKS biasanya mahasiswa akan memilih sendiri mata kuliah yang akan diambil selama satu semester.

Ketujuh, KTM (Kartu Tanda Mahasiswa). Adalah kartu identitas yang digunakan sebagai penanda seseorang menjadi mahasiswa di sebuah universitas. Perlu sobat muda mendunia ketahui, KTM di UMY bisa digunakan sebagai akses keluar masuk kendaraan. Di dalamnya nanti akan dimasukkan data-data kendaraan yang kamu punya melalui akun KRS.

Kedelapan. MATAF (Masa Ta’aruf). Merupakan proses kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru. Di UMY sendiri terdapat berbagai macam proses Masa Ta’ruf (MATAF). Mulai dari Mataf Universitas, Mataf Fakultas dan juga Mataf Prodi. Mataf ini biasanya diadakan selama tiga hari.

Kesembilan OSDI (Orientasi Studi Dasar Islam). Merupakan serangkaian kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa baru muda mendunia. Kegiatan OSDI merupakan bentuk pengkaderan Muhammadiyah yang dilakukan oleh UMY di bawah naungan LPPI (Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam). Tidak hanya itu kegiatan OSDI juga memberikan materi-materi yang memuat penghayatan nilai-nilai Keislaman.

Kesepuluh KIAI (Kuliah Intnsif Agama Islam). KIAI merupakan program wajib yang dilakukan oleh mahasiswa baru UMY. Program ini diselenggaran oleh LPPI (Lembaga Pengkajian dan Pengamalalan Islam. Nah, kegiatan KIAI ini dilaksanakan selama lima hari di University Residence (UNIRES).

Kesebelas TU (Tata Usaha). Tempat ini dijadikan sebagai penyelenggaraan pusat kegiatan administrasi. Mahasiswa yang membutuhkan surat aktif perkuliahan, mengurus persyaratan wisuda atau yang lainnya bisa datang ke tempat ini.

Itu dia beberapa istilah di kampus UMY yang perlu sobat muda mendunia ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Penulis : Ahmad Firman

Editor   : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.