Yuk Kenali Apa itu IELTS

International English Language Testing System atau yang biasa disebut IELTS adalah standar tes internasional yang digunakan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris bagi mereka yang bahasa pertamanya bukan Bahasa Inggris. Tiga organisasi yang mengelola tes ini adalah Cambridge English Language Assessment, IDP: IELTS Australia, dan British Council.

Secara keseluruhan hampir ada 1000 pusat tes di 140 negara. Reading, Listening, Speaking dan Writing adalah bagian yang diujikan dalan tes ini dan memakan waktu sebanyak 2 jam 45 menit dengan estimasi setiap sessionnya adalah listening selama 30 menit, reading 60 menit, writing 60 menit, dan speaking 11-14 menit.

Untuk penghitungan scorenya adalah point 1-9 dengan selisih 0,5 sebagai contohnya; 7,0;  7,5;  8,0; 8,5 dan selanjutnya. Dan biasanya untuk diakui memiliki kemampuan bahasa Inggris yang kredibel adalah dengan minimal mendapatkan score 6.0 karena hal ini berkaitan dengan pemahaman yang sudah bisa disetarakan dengan penutur aslinya. Nah untuk mengembangkan karir secara internasional atau ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri maka kamu harus mengupayakan setidaknya mendapatkan score 6.0.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jadwal pelaksanaan tesnya kamu dapat mengunjungi www.idp.com atau www.britishcouncil.org pastikan jadwal dan pelaksanaan test yang bisa kamu ikuti. Semoga artikel ini membantumu ya.

 

Sumber : www.gramedia.com / www.idp.com / www.britishcouncil.org

Jurnalis : Alimah Nur Kasanah

Editor    : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.