Yuk Kenalan Sama Jurusan Kearsipan, Salah Satu Jurusan Langka yang Ada di Indonesia!

Jurusan di berbagai kampus di Indonesia memang berbeda-beda dan beraneka ragam. Bahkan ada beberapa jurusan “langka” yang ditawarkan di beberapa universitas. Salah satunya adalah jurusan yang satu ini yaitu jurusan kearsipan. Jurusan ini merupakan jurusan “langka” di Indonesia karena hanya ada segelintir universitas yang menawarkan program studi dengan jurusan ini. Tanpa berbasa-basi lagi, yuk kita kenalan dengan jurusan ini.

  1.   Profil jurusan kearsipan

Belum banyak yang tahu jika jurusan ini ada di indonesia. Karena memang jurusan ini seperti “langka” di Indonesia dan lulusan dari jurusan ini masih sedikit sekali di Indonesia. Padahal prospek lapangan pekerjaan dari jurusan ini masih amat terbuka lebar.

Di jurusan ini para mahasiswa akan mempelajari ilmu kearsipan dari proses penciptaan hingga pemusnahan arsip. Selain itu di jurusan ini juga mempelajari hukum-hukum pengamanan informasi yang tentunya ilmu ini sangat dibutuhkan dalam proses penanganan informasi yang harus diamankan secara profesional dan sesuai dengan ketentuan hukum. Jurusan ini fokus terhadap pengelolaan arsip seperti tata naskah dinas, pengurusan surat, dokumentasi dan publikasi, hingga manajemen kearsipan lembaga dan perguruan tinggi.

  1.   Prospek kerja jurusan kearsipan

Masih banyak sekali prospek kerja yang bisa dijangkau untuk lulusan dari jurusan kearsipan. Banyak sekali lowongan pekerjaan dari berbagai lembaga baik lembaga negara maupun lembaga swasta yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini.

Orang yang memiliki kompetensi di bidang arsip (arsiparis) berperan penting dalam sistem kearsipan. Sebab, adanya arsiparis akan meningkatkan efisiensi operasional instansi. Lulusan dari jurusan ini dapat berkarir sebagai staf legal, admin database, juru arsip dan staf administrasi. Salah satu bidang yang sangat membutuhkan lulusan dari jurusan ini adalah bidang kesehatan karena nantinya para lulusan dari jurusan kearsipan dapat bekerja sebagai perekam medis di Rumah Sakit dan pusat kesehatan.

  1.   Universitas yang menawarkan jurusan kearsipan

Walaupun lulusan dari program ini banyak sekali dicari untuk bekerja di berbagai bidang yang berkaitan dengan arsip tetapi tidak banyak universitas yang menawarkan jurusan kearsipan. Hanya ada enam universitas yang menawarkan jurusan kearsipan yakni diantaranya adalah; Universitas Gadjah Mada (D-III Akreditasi A), Universitas Indonesia (D-III Akreditasi A), Universitas Terbuka (D-IV Akreditasi A), Universitas Diponegoro (D-III Akreditasi B), Universitas Negeri Padang (D-III Akreditasi B), dan Universitas Tanjungpura (D-III Akreditasi B),

Nah jika kamu masih bingung dengan jurusan kuliah yang akan kamu ambil, jurusan kearsipan bisa menjadi daftar jurusan yang bisa kamu pilih.

 

Sumber berita     : https://ruangreferensi.com/ & https://mamikos.com/

Sumber gambar : wisatasekolah.com

Reporter             : Alimah Nur Kasanah

Editor                  : Sakinah/Uke

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.