Yuk Kenalan Lebih Dekat dengan Beasiswa Stipendium Hungaricum

Siapa yang tidak ingin berkuliah di Eropa? Apalagi gratis? Ya semua orang pasti ingin mendapatkan kesempatan emas tersebut. Nah, untuk merealisasikan impian kalian tersebut, ada nih salah satu beasiswa resmi dari pemerintah Hungaria yang bisa mewujudkan mimpi kalian tersebut. Pernah dengan Stipendium Hungaricum? Jika belum, yuk simak penjelasan berikut.

Stipendium Hungaricum adalah beasiswa yang diberikan langsung oleh pemerintah negara Hungaria sebagai bentuk kerjasama mereka dengan beberapa negara partners. Nah, dilansir dari schoter.com, beasiswa Stipendium Hungaricum sudah ada sejak tahun 2013. Hingga sekarang, beasiswa ini sudah tersedia bagi hampir 80 negara. Setiap tahun, sekitar 5000 mahasiswa internasional berkuliah di Hungaria dengan beasiswa ini.

Di Indonesia, beasiswa ini merupakan bentuk kerjasama dari pemerintah Hungaria dan pemerintah Indonesia di bawah Kemdikbudristek RI. Dengan adanya kerjasama ini, mahasiswa dari Indonesia bisa berkuliah di Hungaria sebagai mahasiswa Internasional. Terdapat lima rumpun ilmu dalam kesempatan ini yakni Pertanian, Ilmu Pengetahuan Alam, Ekonomi, Teknologi Informasi dan Ilmu Teknik dan Ilmu Seni dan Keolahragaan.

Lalu bagaimana manfaatnya? Wah tenang saja, kalian akan diberikan beberapa fasilitas termasuk uang saku bulanan dengan beberapa tahapan berbeda. Setidaknya ada lima manfaat menarik dalam beasiswa ini, yakni:

  1. Biaya kuliah
  2. Tunjangan hidup bulanan HUF 43,700 (±Rp2 juta) (untuk mahasiswa S-1, S-2 atau non-degree)
  3. Tunjangan hidup bulanan HUF 140,000 (±Rp5,2 juta) untuk fase pertama (empat semester pertama) dan HUF 180,000 (±Rp6,7 juta) untuk fase kedua (empat semester setelahnya)
  4. Akomodasi asrama atau tunjangan akomodasi tempat tinggal sebesar HUF 40,000 (±Rp1,7 juta) per bulan
  5. Asuransi kesehatan sebesar HUF 65 000 (setara 205 Euro) per tahun

Menarik bukan? Nah untuk persyaratannya, kalian bisa membuka laman resmi persyaratan beasiswa Stipendium Hungaricum berikut. Menurut laman milik mereka, pendaftaraan beasiswa ini dibuka setiap tahun dengan rentang waktu antara Desember sampai Januari. Lebih lengkapnya, kalian bisa mendapatkan informasi lebih di sini, guys. Bagaimana? Menarik bukan bisa berkuliah di luar negeri, gratis, dan bisa mendapatkan gelar impian kalian untuk memajukan Indonesia. Yuk persiapkan dari sekarang, supaya kelak jika pendaftran sudah dibuka, kalian tinggal submit saja persyaratannya, guys. Semangat!

 

Sumber: https://blog.schoters.com/beasiswa-stipendium-hungaricum

https://stipendiumhungaricum.hu/

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *