Yuk Intip Biaya Hidup di Sekitar Manchester University, England

Pernahkah kalian berfikir berapa harga kost-kostan dan biaya hidup yang harus kalian keluarkan ketika berkuliah di luar negeri seperti di Inggris? Jika dalam konteks di Indonesia, mungkin seperti kota besar Jakarta, kita bisa membayangkan berapa dan bagaimana. Namun, bagaimana kalau kalian disuruh untuk memikirkan berapa biaya untuk hidup dan tinggal di Inggris lebih tepatnya di kawasan dekat dengan Manchester University? Kira-kira berapa biaya bulanannya ya? Dan berapa uang yang harus kita siapkan untuk satu bulan hidup atau setahun di sana? Yuk simak info berikut ini biaya hidup dan tinggal di Manchester University, England.

University of Manchester merupakan universitas publik berbasis penelitian yang didirikan di kota Manchester, Inggris. Universitas ini didirikan atau diperbaharui di tahun 2004 dengan menggabungkan beberapa institut penelitian seperti Institut Sains dan Teknologi Universitas Manchester serta Universitas Victoria di Manchester. Namun, sebenarnya University of Manchester sudah berdiri sejak 1824. Biaya kuliah di University of Manchester yang dibayarkan sudah mencakup biaya belajar, pendaftaran, ujian dan kelulusan. Meski biaya kuliah bervariasi bergantung pada departemen yang dipilih, namun rentang biaya kuliah untuk mahasiswa internasional berkisar 18.500 poundsterling pertahun atau sekitar 350 juta rupiah untuk kuliah yang tidak menggunakan fasilitas laboratorium dan 23.000 poundsterling atau sekitar 450 juta rupiah untuk perkuliahan yang menggunakan fasilitas laboratorium.

Untuk biaya tinggal, dilansir dari harga.web.id untuk mendapat kamar ukuran 3 x 4 m, dengan fasilitas berbagi rumah (dapur, kamar mandi, ruang tengah) berkisar antara 350-500 poundsterling per bulan atau 6.5 juta – 9.5 juta perbulan. Terkadang, itu sudah termasuk biaya listrik, air, gas, iuran TV, council tax (semacam pajak atas bangunan), dan internet. Lalu untuk biaya akomodasi berkisar paling murah ada 2 poundsterling sampai paling mahal 10 poundsterling untuk tiket pulang dan pergi atau jika dirupiahkan berkisar antara 40 ribu rupiah sampai 190 ribu rupiah. Untuk makan, jika kalian makan di luar maka persiapkan sekitar 5 – 20 poundsterling atau sekitar 90 ribu rupiah sampai 300 ribu rupiah. Terakhir, jika kalian ingin mendapatkan hiburan atau ingin pergi menonton maka kalian akan dikenakan potongan harga jika mampu menunjukan student ID yaitu kalian hanya membayar 8 – 10 pundsterling atau sekitar 150 ribu sampai 190 ribu rupiah.

Nah, apakah kalian tertarik untuk berkuliah di Inggris terutama di daerah sekitar Manchester University? Setidaknya persiapkan uang sekitar 1000 poundsterling atau 20 juta rupiah ya untuk biaya bulanan. Yuk semangat mencari info beasiswa supaya bisa 0 cost alias gratis tis!

Source: https://harga.web.id/biaya-hidup-di-inggris-mahalkah.info

https://www.ican-education.com/berita-event/news/ketahui-cara-mendaftar-hingga-biaya-kuliah-di-manchester-uk

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.