Yuk Berkenalan dengan UKM KPM (Kelompok Penelitian Mahasiswa) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

“Tugas seorang mahasiswa bukan hanya sekedar belajar di kelas, namun juga harus mampu belajar dari masyarakat dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat, hal tersebut yang terus diterapkembangkan oleh Kelompok Penelitian Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta”

Kalimat di atas merupakan sedikit gambaran tujuan dari UKM KPM UMY. Sejatinya, Kelompok Penelitian Mahasiswa (KPM) UMY merupakan sebuah unit kegiatan mahasiswa di tingkat universitas yang bergerak dalam bidang penelitian serta pengaplikasian ilmu pengetahuan di masyarakat luas. Unit kegiatan mahasiswa ini sudah berdiri sejak tahun 1997, hal ini didasari oleh keresahan para mahasiswa terhadap rendahnya minat penelitian mahasiswa di lingkungan kampus, namun seiring berjalannya waktu berbagai capaian prestasi dalam bidang penelitian hingga program pemberdayaan masyarakat menjadi tujuan utama serta hasil dari UKM KPM UMY.

Berbagai torehan prestasi melalui Program Kreativitas Mahasiswa, International Conference, Karya Tulis Ilmiah, Essay Competition hingga perolehan nominasi support system favorit Abdidaya Desa pada Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) oleh KEMENDIKBUT merupakan hasil nyata oleh UKM KPM UMY.

Secara internal, berbagai program yang dijalankan oleh UKM KPM UMY ditujukan untuk mengasah dan meningkatkan soft skill dan hard skill anggotanya. Pada UKM KPM terdiri atas tiga departemen yang memiliki sumbangsih sendiri dalam mewujudkan tujuan UKM. Hal tersebut direfleksikan melalui program kerja yang dijalankan dan diintegrasikan oleh setiap departemen dengan indeks kerja organisasi yang terukur dan terarah.

Adapun departemennya yaitu Departemen Penelitian dan Pengembangan, Departemen Humas dan Media, dan Departemen Pengembangan Sumberdaya Manusia. Pelatihan penelitian, kepenulisan dan public speaking menjadi dasar yang diajarkan oleh UKM KPM. Para anggota UKM KPM juga dilatih untuk lebih peka dan kritis terhadap permasalahan atau fenomena yang terjadi di masyarakat umumnya dan di dunia akademis khususnya. UKM KPM juga menjadi sebuah tempat yang mewadahi mahasiswa untuk berdiskusi lebih luas dari berbagai latar belakang studi.

Melalui berbagai kegiatan di UKM KPM, mahasiswa juga dibentuk agar lebih siap dalam mempersiapkan diri untuk terjun di dunia kerja. Kemampuan public speaking, critical thinking, organisasi dan berbagai prestasi lainnya akan sangat menunjang setelah lulus sarjana baik sebagai seorang yang bekerja diperusahaan, peneliti maupun akademisi. UKM KPM UMY menjadi tempat yang sangat cocok untuk mahasiswa UMY yang memiliki ketertarikan dalam pengembangan skill melalui bidang penelitian. Info lebih lanjut terkait UKM KPM UMY dapat diakses melalui laman https://kpm.umy.ac.id

Sumber          : https://kpm.umy.ac.id

Jurnalis          : Alimah Nur Kasanah

Editor             : Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.