Yuk Berkenalan dengan IAAS UMY (International Association of Students in Agricultural and Related Sciences) : The Biggest Agricultural Student Organization in The World

International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS) merupakan organisasi mahasiswa pertanian terbesar di dunia yang didirikan pada tahun 1957 di Tunisia dan berkantor pusat di Catholic University Belgian Leuveun. PBB mengenal IAAS sebagai Non-Government Organization (NGO) yang memiliki lebih dari 53 negara anggota yang tersebar di empat benua: Eropa, Asia, Amerika, dan Afrika. Indonesia sendiri bergabung dengan IAAS pada tahun 1992 dan hingga kini telah memiliki 11 local committee dengan lebih dari 1200 anggota aktif.

 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan salah satu dari 11 local committee IAAS Indonesia serta satu-satunya perguruan tinggi Muhammadiyah dan perguruan tinggi swasta yang lolos menjadi member IAAS Indonesia di tahun 2020. Organisasi dengan selogan “Think Globally Act Locally” memberikan peluang yang sangat besar untuk mahasiswa Indonesia agar dapat bertukar pikiran, gagasan, dan aksi nyata dengan mahasiswa lain di seluruh dunia.

 

Hal tersebut didukung oleh program-progam IAAS seperti program pertukaran pelajar atau yang dikenal dengan expronas (exchange program national) dan exchange program internasional yang dibuka untuk seluruh mahasiswa di universitas yang tergabung sebagai member IAAS, termasuk UMY. Pertukaran pelajar dilaksanakan dalam bentuk progam magang yang secara serentak di laksanakan 10 kota di Indonesia, sedangkan magang internasional dilaksanakan di 40 negara anggota.

 

Selain itu, member IAAS dapat terlibat langsung di acara-acara internasional seperti program dari FAO (Food and Agriculture Organization) milik IPB, UN Climate Change Conference (COP), serta mengikuti program-program internasional lainnya yang berhubungan dengan pertanian. Melalui program kerja IAAS, mahasiswa pertanian dilatih untuk mengasah kemampuan menemukan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi dunia pertanian.

 

Menjadi bagian dari IAAS juga akan membuka peluang anda untuk dapat berkarir di tingkat nasional maupun internasional sebagai pengurus IAAS. Organisasi ini dikelola secara professional dengan sistem manajemen yang baik, mulai dari IAAS World, IAAS Asia Pacific, IAAS Indonesia, dan Local Commiittee/universitas. Sebagai organisasi mahasiswa internasional, IAAS Indonesia mengikuti kebijakan dan aturan IAAS World. Namun IAAS Indonesia juga memiliki Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga, karena kami berada langsung di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi yang termasuk dalam Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS).

 

Di UMY sendiri, organisasi IAAS terbuka untuk seluruh mahasiswa fakultas pertanian, namun mahasiswa non-pertanian juga dapat berpartisipasi dalam beberapa kegiatan IAAS LC UMY. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut kamu dapat mengakses pada laman http://umy.iaas.or.id/

 

Sumber        : http://umy.iaas.or.id/ https://iaas.or.id/ https://www.iaasworld.org/

Jurnalis         : Alimah Nur Kasanah

Editor           : Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.