Waktu Ideal Mahasiwa Magang Kerja

Dunia perkuliahan memang akan terus berjalan. Dimulai dari menjadi mahasiswa baru hingga akhirnya melewati masa-masa KKN (Kuliah Kerja Nyata), magang kerja hingga skripsi. Namun, magang kerja adalah proses untuk menerapkan keilmuan atau kompetensi yang didapat selama menjalani masa pendidikan, di dunia kerja secara langsung. Akan tetapi, tujuan dari magang yang utama adalah mempersiapkan para pelajar/mahasiswa yang siap kerja di dunia kerja dan bisa memberi keterampilan yang dibutuhkan industri. Sebenarnya program magang sudah sangat umum dilakukan bagi pelajar SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Bagi pelajar SMK, mungkin lebih mengenalnya dengan istilah PKL (Praktik Kerja Lapangan). Program ini bahkan diwajibkan bagi seluruh siswa SMK, sebagai salah satu syarat lulus.

Terlepas dari semua itu, dunia mahasiswa juga mengenal istilah magang. Bahkan tak jarang mahasiswa sering dibuat bingung, berapa lamakah waktu ideal untuk magang bagi mahasiswa. Sebagian mahasiswa ada yang menjalani magang 2 bulan, ada yang 3 bulan bahkan ada yang 6 bulan. Akan tetapi ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan sebelum magang untuk menentukan durasi magang kamu.

Salah satu hal yang dapat menjadi pertimbangan, yaitu tujuan dari magang tersebut. Apakah tujuan magang untuk menggugurkan kewajiban sebagai mahasiswa akhir atau untuk menjadikan magang sarana mengasah keterampilan atau soft skill dan belajar. Jika kamu memilih magang 1 bulan, menggugurkan kewajiban kamu sebagai mahasiswa dapat kamu penuhi. Akan tetapi untuk menjadikan magang sebagai sarana belajar dan mengasah soft skill termasuk kurang. Karena pada umunya durasi 1 bulan bekerja dalam suatu instansi merupakan tahap adaptasi dan pengenalan.

Apabila kamu memilih magang selama 3 bulan, mungkin bisa dikategorikan efektif. Sebab kamu dapat mengasah soft skill dan belajar optimal. Terlebih kamu punya 1 bulan waku adaptasi dan 2 bulan waktu belajar. Selain itu mengingat zaman SMK biasanya menerapkan magang 3 bulan dan terkategori cukup. Kemudian jika kamu memilih magang 6 bulan, sudah jelas kamu banyak mendapatkan waktu untuk belajar banyak hal. Akan tetapi mungkin durasi ini terbilang cukup lama.

Bagaimanapun, menjadi mahasiswa yang akan magang, hal yang pasti kamu harus pastikan adalah tempat dan apakah tujuan dari kamu magang. Jangan lupa juga untuk cek persyaratan magang kamu sesuai aturan kampus kamu. Jadi mau magang berapa lama kamu?

 

Penulis : Gina Fauziyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.