Untuk Sekali Dalam Hidup, Aktif Berkegiatan Sosial Akan Mengubah Dirimu

Mahasiswa kini dituntut untuk selalu aktif di berbagai kegiatan, baik kegiatan akademik maupun non-akademik. Apalagi di bulan suci Ramadhan ini, tentu banyak sekali kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Salah satunya ialah kegiatan sosial atau volunteer. Melalui kegiatan sosial banyak sekali manfaat yang didapatkan bagi mahasiswa. Selain mengasah sikap empati kepada sesama, kegiatan sosial juga dapat memberikan kebermafaatan yang besar bagi penerimanya.

Kegiatan sosial seperti pemberian sembako, pembagian buka dan takjil gratis, bakti sosial di panti asuhan, sosialisasi dan lain sebagainya dapat dilakukan oleh mahasiswa manapun. Meski biasanya kegiatan seperti itu dilakukan oleh lembaga atau komunitas sosial, maka sebenarnya kamu bisa melakukannya secara mandiri. Kamu dapat melakukannya dengan mengajak teman dekatmu, kerabat atau keluarga.

Tidak perlu dengan dana yang besar – besaran, asal niat yang besar maka seberapapun dana yang kamu berikan akan menghasilkan kebermanfaatan nantinya. Sejatinya melakukan kegiatan sosial adalah membagikan apa yang kita miliki kepada orang lain yang dapat memberikan nilai manfaat bagi penerimanya. Sehingga, kamu dapat menentukan kegiatan seperti apa berdasarkan kebermanfaatan yang ingin kamu berikan kepada orang lain.

Saat ini bentuk kegiatan sosial pun sudah beragam, karena persoalan sosial masa kini juga terlihat sangat kompleks tidak hanya tentang ekonomi saja. Maka, sebagai mahasiswa kita perlu pandai – pandai dalam mengkritisi persoalan sosial yang ada di lingkungan sekitar kita. Dengan aktif melakukan kegiatan sosial, tentu akan ada perubahan dalam diri yang terjadi. Kamu tidak akan merasakannya secara langsung, namun kamu akan merasakannya secara berangsur dan menyadarinya dengan perlahan.

Hal – hal yang berubah di dalam dirimu jika aktif melakukan kegiatan sosial adalah kamu akan memiliki teman dari berbagai latar belakang sosial. Selain itu, kamu juga akan menjadi lebih berempati dan peka terhadap isu sosial dan kemanusiaan. Dengan melihat fenomena sosial yang ada di lingkungan, maka kamu akan menjadi orang yang lebih toleran, menghargai hidup diri sendiri dan orang lain.

Kamu juga akan menjadi lebih peduli terhadap sesama, apalagi ketika kamu melihat kesengsaraan yang dirasakan oleh orang lain. Terakhir, kamu akan memiliki pandangan yang lebih baik tentang hidup, karena banyak kebaikan yang kamu berikan kepada orang lain sehingga kebaikan itulah yang akan mengelilingi hidupmu.

 

Penulis : Fatimah Azzahro

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.