University of Edinburgh: Kampus Fahri di Film Ayat-ayat Cinta Dua

Bagi siapa saja yang sudah menonton film Ayat-Ayat Cinta Dua pasti akan terkesima dengan kepandaian dan kepiawaian Fahri sebagai seorang dosen di luar negeri. Dalam film, Fahri diceritakan berprofesi sebagai dosen Ilmu sejarah Islam di University of Edinburgh, Scotlandia. Tidak hanya itu, University of Edinburgh digambarkan dalam film tersebut sebagai universitas dengan predikat baik dan mentereng di dunia, sehingga banyak mahasiswanya menjadi kritis. Hal tersebut dibuktikan dengan pertanyaan kritis mahasiswanya di awal film mengenai “Mengapa Islam menempatkan Wanita setelah Laki-laki”.

Lalu, bagaimana sebenarnya University of Edinburgh itu? Yuk simak info menarik berikut tentang University of Edinburgh.

Pict from scotland.org

University of Edinburgh adalah universitas milik pemerintah di Edinburgh, Skotlandia. Diberikan piagam kerajaan oleh Raja James VI pada tahun 1582 dan dibuka secara resmi pada tahun 1583, universitas ini adalah salah satu dari empat universitas kuno di Skotlandia dan universitas tertua keenam yang terus beroperasi di dunia. Universitas ini memainkan peran penting di Edinburgh dan menjadi pusat intelektual utama selama Pencerahan Skotlandia.

Secara global, QS World University Rankings by Subject tahun 2021 menempatkan Edinburgh di peringkat 11 dalam Seni & Humaniora, 24 dalam Ilmu Hayati & Kedokteran, 43 dalam Ilmu Pengetahuan Alam, 59 dalam Ilmu & Manajemen Sosial, dan 75 dalam Teknik & Teknologi. The 2021 THE World University berdasarkan Subjek memberi peringkat Edinburgh 10 di seluruh dunia dalam Seni dan Humaniora, 15 dalam Hukum, 16 dalam Psikologi, 21 dalam Klinis, Pra-klinis & Kesehatan, 22 dalam Ilmu Komputer, 28 dalam Pendidikan, 28 dalam Ilmu Kehidupan, 43 dalam Bisnis & Ekonomi, 44 di Ilmu Sosial, 45 di Ilmu Fisika, dan 86 di Rekayasa & Teknologi. Menurut CS Ranking, ilmu komputer Edinburgh peringkat 33 di dunia dan 1 di Inggris, dan Edinburgh adalah yang terbaik dalam pemrosesan bahasa alami di dunia. Tidak hanya itu, University of Edinburgh adalah salah satu universitas top dunia, secara konsisten berada di peringkat 50 besar dunia, dan menempati peringkat ke-16 dalam QS World University Rankings 2022.

Sebagai universitas internasional jempolan di dunia, beberapa alumni dari University of Edinburgh tentu sangat membawa dampak bagi dunia. Mungkin, beberapa dari kalian akan familiar dengan nama-nama alumni dari universitas ini termasuk beberapa tokoh utama sejarah modern. Penemu Alexander Graham Bell, naturalis Charles Darwin, filsuf David Hume, dan fisikawan James Clerk Maxwell. Tidak hanya itu, tokoh penulis terkenal juga termasuk dalam jajaran alumni universitas ini antara lain Sir JM Barrie, Sir Arthur Conan Doyle, Sir Walter Scott dan Robert Louis Stevenson.

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk mengunjungi atau bahkan bersekolah di kampus ini? Tidak heran jika kampus ini dipilih sebagai lokasi syuting dari film Ayat-Ayat Cinta Dua. Fasilitas, sejarah dan capaian yang luar biasa baik dari kampus maupun dari alumninya membuktikan bahwa universitas ini adalah salah satu universitas top di dunia.

 

Source: https://en.wikipedia.org/wiki/University_of_Edinburgh

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.