Menempuh studi di Eropa adalah salah satu hal yang diidam-idamkan oleh mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. Universitas- universitas di Eropa juga juga dikenal sebagai penyumbang ilmuan atau cendekiawan-cendekiawan terbaik dunia. Tapi tahukah kamu bahwa eksistensi juga pamor dari universitas-universitas tersebut tak kunjung padam dari dulu kala loh. Credibility, elit, juga bergengsi mungkin sebagian kecil ungkapan untuk mendeskripsikan universitas berikut ini. Apa aja sih universitas tertua di Eropa tersebut? Nah berikut ini adalah deretan universitas tertua di Eropa!

sumber gambar : https://www.ox.ac.uk

1. Oxford University
Siapa sih yang tidak tahu Universitas yang cukup terkenal di segala penjuru dunia yang satu ini. Belum ada sumber pasti pada tahun berapa Oxford University ini didirikan, namun perkuliahan di universitas paling bergengsi sudah memulai perkuliahannya sejak tahun 1209 loh. Universitas yang beralamatkan di Oxford, Inggris, Britania Raya ini juga didapuk memiliki sistem perpustakaan universitas terbesar di Britania Raya. Tak tangung-tanggung, Oxford University memiliki koleksi buku lebih dari 11 juta buku. Menurut Peringkat Universitas Dunia Times Higher Education tahun 2012, Oxford adalah salah satu dari enam universitas paling bergengsi di dunia Dalam Times Higher Education World University Rankings 2013, Oxford menempati posisi dua di bawah Universitas Harvard, atau yang pertama di Britania Raya dan Eropa.

Sumber gambar : bbc.com

2. Cambridge University
Universitas tertua di Eropa posisi kedua ditempati oleh Cambridge University. Universitas yang berdiri pada tahun 1209 konon katanya adalah universitas yang tumbuh dari perhimpunan mahasiswa Oxford yang kabur dari kerusuhan antara mahasiswa Oxford dengan penduduk sekitar. Para mahasiswa tersebut lantas melarikan diri ke Cambridge, Cambridgeshire, Inggris. Universitas Oxford dan Cambridge, sering dijuluki Oxbridge, telah memiliki sejarah kompetisi yang lama satu sama lain dan dipandang luas sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Britania Raya. Berdasarkan sejarah, mereka telah menghasilkan sejumlah ilmuwan, penulis, dan politisi Britania yang terkenal. Tak hanya itu, Maudy Ayunda, Tasya Kamila, Cinta Laura dan Gita Gutawa merupakan sederet publik figur tanah air lulusan dari Cambridge University juga loh.

Sumber gambar : https://www.ed.ac.uk

3. Edinburgh University
Edinburgh University adalah salah satu universitas yang terletak di kota Edinburgh, ibukota Skotlandia. Universitas yang didirikan pada tahun 1583 ini setiap tahunnya menerima 47.000 pendaftar. Universitas ini juga memiliki seleksi masuk yang sangat kompetitif dan sangat ketat. Universitas ini merupakan universitas terbaik ke-6 di Eropa berdasarkan 2011 QS, dan terbaik ke-7 di Eropa berdasarkan Times Higher Education Ranking. Universitas ini dianggap sebagai salah satu universitas paling prestisius di dunia. Edinburgh University telah mencetak banyak sekali politikus juga cendekiawan hebat.
Diantara beberapa cendekiawan ternama tersebut diantaranya adalah pencetus teori evolusi Charless Darwin, fisikawan James Clerk Maxwell, filsuf David Hume, matematikawan Thomas Bayes, Perdana Menteri Britania Raya Gordon Brown, pelopor sterilisasi Joseph Lister, penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat John Witherspoon dan Benjamin Rush, penemu Alexander Graham Bell, presiden pertama Tanzania Julius Nyerere, serta pengarang terkenal seperti Sir Arthur Conan Doyle, Robert Louis Stevenson, J.M. Barrie dan Sir Walter Scott. Di universitas ini juga terdapat 15 pemenang Hadiah Nobel, 1 pemenang Hadiah Abel, beberapa pemenang Penghargaan Turing, serta beberapa peraih medali emas dalam ajang olimpiade.

Sumber gambar : https://www.ucl.ac.uk

4. University College London
Universitas selanjutanya ada University College London. Adalah salah satu universitas riset publik di London dan merupakan perguruan tinggi terbesar di area London. Universitas yang didirikan pada 1826 ini memilki jumlah mahasiswa sebanyak 36.000 dngan memiliki 11 Fakultas. Universitas ini banyak melahirkan tokoh terkemuka seperti Mahatma Ghandi, Alexander Grahambell. Tak hanya itu, banyak para pemipin dunia juga lulusan dari universitas ini seperti Nicos Anastiades presiden Siprus, Mihai-Răzvan Ungureanu presiden Rumania dan lain lain.

Sumber gambar : https://ethz.ch

5. Eidgenössische Technische Hochschule Zürich
Institut Teknologi Konfederasi Zürich didirikan pada tahun 1855 ini merupakan salah satu universitas terkemuka di Swiss, sebagai universitas negeri milik pemerintah Konfederasi Swiss dan berbeda dari Universitas Zurich milik pemerintah canton Zürich. Dari universitas ini telah lahir banyak peraih Penghargaan Nobel, seperti Albert Einstein dan Wolfgang Pauli. Wilhelm Conrad Röntgen, penemu sinar X, juga menempuh studi di sini. Tradisi berprestasi di tingkat dunia pada bidang kimia, fisika, dan fisika terapan pada masa lampau dilanjutkan saat ini di bidang bioteknologi dan biologi molekular. Selain itu, lulusan dari Institut Teknologi Konfederasi Zürich ini banyak sekali menerima pengahrgaan Nobel baik penghargaan Nobel bidang Kimia maupun bidang Kedokteran.

Sumber gambar : https://actu.epfl.ch

6. Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne
Universitas tertua di Eropa selanjutnya adalah Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne atau Institut Teknologi Konferedensi Swiss di Lausane dan didirikan pada tahun 1853. Universitas yang berada di Swiss ini telah berkembang menjadi institusi berkualitas tinggi. Kelebihan dalam pemberian pendidikan dan riset dari universitas ini menarik para siswa intelek di seluruh dunia. Universitas ini berlokasi di dua negara, yakni Swiss dan Jerman.
Nah itulah beberapa universitas tertua di Eropa. Kereen keren yakan? Tak hanya bergengsi tapi segudang prestasipun dimiliki. Jadi kalian tertarik untuk lanjut study dimana nih?

Penulis : M. Ittaqullah RMM

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.