Universitas Negara Tetangga: Nanyang Technological University, Singapore

Jika berbicara mengenai negara tetangga Indonesia yakni Singapura, pasti yang terbesit di benak kita semua adalah negara kecil dengan berbagai kemajuan teknologi didalamnya. Singapura adalah sebuah negara yang terletak di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer di utara khatulistiwa Asia Tenggara. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan. Meskipun berlokasi demikian, Singapura memiliki fasilitas yang maju diberbagai bidang termasuk pendidikan. Tak jarang beberapa universitas di Singapura masuk sebagai universitas terbaik di Asia Tenggara bahkan pada taraf Asia sekalipun.

Salah satu universitas di Singapura yang harum namanya adalah Nanyang Technological University (NTU). Kampus utama NTU yang mencakup lahan seluas 200 hektar (490 hektar), menjadikannya sebagai kampus terbesar di Singapura sejak pendiriannya pada 1 Agustus 1981 silam. Sebagai salah satu universitas jempolan di Singapura, NTU secara konsisten berada di deretan 20 universitas teratas dunia menurut peringkat terbanyak, dan saat ini berada pada peringkat ke 12 secara global dalam QS World University Rankings per Juni 2021.

Seperti halnya Institut Teknologi Bandung (ITB) di Indonesia, NTU dibagi menjadi beberapa fokus sekolah. Beberapa sekolah di NTU antara lain Sekolah Tinggi Teknik, Sekolah Tinggi Sains, Sekolah Bisnis Nanyang, Sekolah Kedokteran Lee Kong Chian, Sekolah Tinggi Humaniora, Seni dan Ilmu Sosial, Sekolah Pascasarjana, Institut Pendidikan Nasional, dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial, dan Sekolah Studi Internasional Rajaratnam. Selain itu, NTU juga merupakan rumah bagi beberapa Pusat Penelitian Unggulan seperti Earth Observatory of Singapore dan Singapore Centre on Environmental Life Sciences Engineering.

Sebagai universitas terbaik, alumni dari NTU tersebar luas di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Tahukah kamu bahwa Agus Harimurti Yudhoyono dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian merupakan salah satu lulusan dari NTU.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai kampus terbaik di negara tetangga, Singapura. Apakah kalian mempunyai kampus idaman di negara tetangga Indonesia lainnya? Yuk, tulis di kolom komentar!

 

Source: ntu.edu.sg, Wikipedia.com

Penulis: Sibakhul Milad Malik

Editor: Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.