Universitas Al-Qarawiyyin: Tertua dan Pertama di Dunia

Jika kalian menganggap bahwa universitas tertua dan pertama di dunia adalah universitas dari belahan bumi eropa, sepertinya kalian perlu membaca artikel ini. Faktanya, bukanlah Harvard ataupun Cambridge atau bahkan universitas tersohor seperti Sydney University atau MIT yang menyandang sebagai universitas dan pertama di dunia. Adalah Universitas Al-Qarawiyyin yang terletak di Maroko sebagai Universitas pertama dan tertua di dunia. Mari kulik lebih mendalam mengenai fakta unik universitas ini.

  1. Didirikan oleh seorang perempuan

Al-Qarawiyyin didirikan pada tahun 859 oleh Fatima al-Fihria, putri seorang pedagang kaya bernama Muhammad Al-Fihri. Keluarga Al-Fihri telah bermigrasi dari Kairouan pada awal abad ke-9 dan bergabung dengan komunitas pendatang lainnya dari Kairouan yang telah menetap di sebuah distrik barat kota. Fatima dan kakaknya Mariam, keduanya sama-sama berpendidikan dan mewarisi sejumlah besar uang dari ayah mereka. Fatima berjanji untuk menghabiskan seluruh warisannya pada pembangunan masjid yang cocok untuk komunitasnya. Sehingga terciptalah sebuah tempat belajar yang juga difungsikan sebagai masjid. Selain itu, berdirinya Al-Qarawiyyin menandai tonggak penting bagi perempuan, pendidikan, dan pencerahan dunia.

  1. Masih beroperasi sampai sekarang

Layaknya tempat belajar, Universitas Al-Qarawiyyin masih befungsi sampai saat ini sebagai tempat belajar dan beribadah. Dilansir dari detik.com, bahwa saat ini bangunan universitas masih berdiri dan memiliki dwi fungsi yaitu sebagai tempat belajar dan tempat beribadah atau sebagai masjid.

  1. Tempat lahirnya Ilmuwan hebat dunia

Sebagai pendiri, Fatima secara langsung mengawasi pembangunan itu dengan penuh minat. Dia merencanakan semuanya, membeli properti, dan mengusulkan strukturnya. Dia juga menghabiskan seluruh kekayaan dan waktunya untuk menyelesaikan mega proyek tersebut.  Dengan kerja kerasnya pada waktu itu, akhirnya kampus ini akhirnya menghasilkan pemikir-pemikir besar seperti Abu Al-Abbas, Muhammad Al-Faso, dan Leo Africanus seorang musafir dan penulis terkenal. Nama-nama terkemuka lainnya yang terkait dengan kampus ini termasuk Ibn Al-Arabi, Ibnu Khaldun dan Al-Bitruji (Alpetragius).

Sebagai kesimpulan, ternyata universitas yang sudah sangat banyak di dunia ini dimulai dari kota dan negara yang saat ini tidak terlalu beken untuk berdirinya sebuah universitas. Adalah Maroko, tempat berdirinya universitas pertama di dunia, bukan Inggris dengan kehebatanya atau Amerika dengan adidayanya. Selain itu, fakta bahwa universitas pertama di dunia didirikan oleh seorang wanita sangatlah menarik. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) mengakui Universitas Qarawiyyin sebagai lembaga pendidikan operasional tertua di dunia, mendahului Universitas al-Azhar di Mesir, Universitas Cambridge, Harvard University maupun Oxford University dan yang lainnya. Bagaimana? Sudah tambah imu sekarang, pantau selalu berandakampus.com untuk ilmu dan pengetahuan menarik lainnya.

 

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Al-Qarawiyyin, detik.com, dan idntimes.com

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.