Unik, Jalur Youtuber Jadi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Ini

Seleksi masuk perguruan tinggi sudah digelar sejak beberapa bulan terakhir. Bahkan beberapa di antaranya sudah dimulai sejak tahun lalu. Berbagai strategi seleksi pun diterapkan guna menyaring calon mahasiswa yang hendak masuk ke perguruan tinggi tersebut. Umum digunakan diantaranya adalah jalur prestasi akademik maupun non akademik, seleksi rapor, Computer Based Test, hingga yang paling terbaru adalah jalur Youtuber.

Universitas Pembangunan Negeri Veteran Jakarta (UPNVJ) membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi untuk YouTube Content Creator (YCC). Jalur ini bukan pertama kalinya dibuka di UPN Veteran Jakarta. Namun sejauh ini minat para calon mahasiswa baru untuk mengikuti seleksi jalur ini dinilai cukup meningkat.

Melansir dari detik.com, seleksi khusus YouTuber akan mendapatkan kurang lebih 2 persen di jalur prestasi UPN Veteran Jakarta. Kampus ini membagi jalur prestasi dengan porsi 10% dari 30% total seleksi mandiri. Dari 10% ini kemudian dibagi lagi dalam 5 kategori, salah satunya adalah YouTuber.

Proses penerimaan mahasiswa baru jalur YCC tahun ini telah sampai tahap uji keterampilan khusus pada Selasa (22/6). Setidaknya ada empat youtuber yang dinyatakan mengikuti uji keterampilan ini. Keempatnya adalah Audijie Keisya Putri Jugosatrio, Raissa Anggiani Sulastyo, Aurellia Astadewi, dan Krisna Maulana Nugraha.

Sebelumnya, keempat Youtuber ini diminta untuk mengumpulkan karya dalam bentuk video dengan tema tertentu atau tema lain menyesuaikan fokus konten channel miliknya. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Berkarya di Tengah Pandemi”. Seluruh karya yang dibuat merupakan karya original peserta. Baik musik maupun gambar yang digunakan pun merupakan hasil karyanya sendiri, kecuali sudah mengandung izin tertulis. Yang paling utama, isi video dilarang mengandung unsur SARA, pornografi, hingga politik. Demikian juga konten harus bersifat komunikatif, inovatif, kreatif, dan edukatif.

UPN Veteran Jakarta menjadi kampus pertama yang membuka penerimaan mahasiswa baru jalur YCC ini. Ini menjadi sebuah kesempatan yang dibuka secara lebar dan menjadi wadah bagi para kreator muda dalam berkarya dan menyalurkan bakatnya. Melalui sistem ini pun diharapkan mampu menjadikan kampus ini berbeda dari yang lainnya.

UPN Veteran Jakarta rencananya memang akan terus membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur Youtuber ini. Tren YouTube yang tengah menjamur di tengah pandemi COVID-19 tentu harusnya menjadi sebuah pulang bagi para content creator muda untuk tak hanya mengembangkan skillnya di dunia maya, namun juga di bangku perkuliahan. Jika saat ini dua orang diantara keempatnya adalah anak dan keponakan artis tanah air, bisa jadi tahun depan adalah kesempatanmu. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini dan berkaryalah seinovatif mungkin!

 

Reporter : Sri Fatimah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.