Unik! 5 Jurusan Kuliah ini Ternyata Ada di Indonesia

Jurusan kuliah menjadi salah satu ciri khas dari sebuah universitas. Di indonesia sendiri beberapa universitas menawarkan jurusan yang cukup unik dan langka. Nah apa saja sih jurusan yang unik nan langka ini, yuk simak artikel berikut!

 

1. Teknik Nuklir (Universitas Gadjah Mada)

Sumber :ugm.ac.id

Berbicara tentang nuklir yang cukup penting untuk kehidupan ternyata salah satu kampus di Indonesia memiliki jurusan kuliah di bidang nuklir loh! Universitas Gadjah Mada ternyata menjadi satu-satunya universitas yang memiliki jurusan teknik nuklir. Nah di jurusan ini kamu nantinya akan belajar tentang ilmu nuklir dari para ahlinya.

2. Sastra Belanda (Universitas Indonesia)

Sumber :fib.ui.ac.id

Jurusan bahasa bukan lagi asing bagi para mahasiswa. Banyak sekali kampus-kampus yang menawarkan jurusan bahasa. Tetapi berbeda sekali dengan universitas yang satu ini. Universitas Indonesia menjadi salah satu universita yang memiliki jurusan Sastra Belanda! Di jurusan ini nantinya kamu akan belajar tentang sastra, sejarah, linguistik, hingga budaya dari negara tersebut. Seru banget deh pokoknya.

3. Astronomi (Institut Teknologi Bandung)

Sumber: unawe.org

Siapa yang tidak mengenal observatorium Bosscha? Rupanya ada salah satu jurusan yang masih berhubungan dengan ikon terkenal ini. Institut Teknologi Bandung menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang memiliki jurusan astronomi. Nantinya kamu akan belajar tentang ilmu astronomi dari para astronom yang kece dan kamu juga memiliki kesempatan untuk berkarir sebagai astronom loh! Wah menarik sekali bukan?

4. Jurusan Oseanografi

Sumber: prosacio.com

Tidak banyak dari kita mungkin yang tahu atau bahkan mendengar nama Jurusan Oseanografi ini. Ternyata ada dua kampus yang menawarkan jurusan ini yakni Institut Teknologi Bandung dan Universitas Diponegoro (Undip). Nantinya kamu akan mempelajari ilmu terkait keadaan dan fenomena laut, yang akhirnya bisa mempelajari keadaan perikanan laut, bencana yang mungkin terjadi di laut, dan rekayasa lingkungan laut. Bagaimana meraik sekali bukan?

5. Manajemen Industri Katering – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Sumber: kelaspintar.id

Manajemen Industri Katering (MIK) didirikan pada 16 Maret 2005 di bawah Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial – Universitas Pendidikan Indonesia. Saat ini Program Studi MIK sudah menghasilkan lulusan yang bekerja di berbagai sektor kepariwisataan. Jurusan unik yang satu ini hanya ada di UPI. Di jurusan ini kamu akan belajar seputar manajemen operasional usaha kuliner mulai perencanaan, pengelolaan, hingga pemasaran. Kamu juga akan dibekali dengan pengetahuan dasar seluk beluk kuliner dari lokal hingga mancanegara.

 

Reporter : Alimah Nur Kasanah

Editor : Sakinah/Uke

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.