UMY Berikan 7000 Vaksin Dosis Pertama Untuk Sivitas dan Masyarakat Umum

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerjasama dengan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIy) dan Danrem 072/Pamungkas Yogyakarta memberikan total 7000 dosis vaksin kepada sivitas UMY dan masyarakat umum, khususnya yang berdomisili di Bantul, DIY. Pemberian 7000 dosis vaksin ini dilakukan dalam 3 gelombang. Gelombang 1 dilaksanakan pada Senin (9/8) dengan memberikan 2000 dosis vaksin kepada mahasiswa UMY. Kemudian pada gelombang 2 yang digelar pada Sabtu (21/8) 2000 vaksin dosis pertama kembali diberikan kepada dosen, pegawai dan keluarga pegawai, mahasiswa, serta alumni UMY. Selanjutnya pemberian vaksin dosis pertama gelombang ketiga dilakukan pada Senin (23/8) yang ditujukan kepada masyarakat umum dengan domisili Bantul, serta pelajar SMP-SMA-SMK Muhammadiyah.

Agenda vaksinasi ini dilakukan dengan sistem drive thru dengan penerapan protokol kesehatan yang berlaku. Adapun vaksinator yang bertugas berasal dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY. Sementara Prodi Ilmu Keperawatan sendiri mendapat peran menjadi tim screening selama proses vaksinasi berlangsung.

“Untuk vaksinasi sendiri UMY sudah melaksanakan gelombang ke-3 untuk tahap 1 dan vaksin yang digunakan adalah jenis vaksin Sinovac,” jelas Al-Afik S.Kep., Ns., M.Kep., selaku Commander in Chief ICS UMY terkait jenis vaksin yang dipilih untuk program vaksinasi di UMY.

Tujuan dari diadakan program vaksinasi ini sendiri menurut Afik adalah sebagai bentuk dukungan dan juga ikhtiar Muhammadiyah dan UMY untuk dapat menjalankan dan membantu pemerintah dalam percepatan pencapaian herd immunity. “Selain itu juga untuk membentuk kekebalan bagi para civitas akademika ataupun masyarakat luas,” imbuh Al-Afik.

Pemberian vaksin Covid-19 dari UMY ini rencananya juga akan dilanjutkan dengan pemberian vaksin dosis kedua untuk 3 gelombang pertama yang telah melakukan vaksinasi di UMY, serta pemberian vaksin dosis pertama untuk gelombang 4 pada Sabtu, 11 September 2021 mendatang. Informasi mengenai vaksinasi di UMY ini dapat diakses oleh masyarakat luas dalam laman website vaksin.umy.ac.id.

 

Reporter : Alimah Nur Kasanah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.