Tutorial Cara Mengecek Akreditasi Kampus

Bagi Anda yang baru lulus SMA dan bingung ingin melanjutkan kemana, mungkin alangkah baiknya sebelum menentukan kampus pilihan untuk melihat akreditasi kampus pilihan yang ingin dituju. Nilai akreditasi universitas dapat menjadi pertimbangan sebelum menentukan pilihan.

Apa itu akreditasi kampus ? Akreditasi universitas adalah suatu bentuk pengakuan mutu dari pihak eksternal dalam segi kualitas, fasilitas, sistem atau manajemen pendidikan di suatu universitas. Sedangkan akreditasi program studi merupakan bentuk pengakuan dari pihak eksternal dalam bentuk sertifikat yang menyatakan jurusan telah terakreditasi.

Penilaian tersebut berdasarkan sejumlah kriteria dimensi mutu pendidikan tinggi dan telah disepekati bersama pada tingkat nasional, daerah, dan internasional. Di Indonesia sendiri, yang mempunyai kewenangan untuk memberikan sertifikat akreditasi institusi pendidikan yaitu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

BAN-PT merupakan satu-satunya institusi akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementrian Pendidikan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (KEMENDIKBUD-RISTEK) dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Tutorial Cara Mengecek Akreditasi Universitas 

Sebenernya cara mengecek akreditasi perguruan tinggi cukup mudah, karena saat ini status akreditasi universitas atau program studi kampus se-Indonesia dapat dilihat secara langsung di laman resminya BAN-PT secara online.

Seluruh akreditasi program studi dan semua jenis perguruan tinggi seperti universitas, sekolah tinggi, institut, politeknik, akademi baik negri dan swasta dapat dicek langsung sekaligus masa expired akreditasinya. Sehingga dari situ Anda dapat memperolah informasi yang Anda cari.

Ada 2 cara untuk mengecek akreditasi kampus yakni melalui PC dan HP/Smartphone. Berikut tutorial cara mengecek status akreditasi universitas dan program studi di website BAN-PT

Cara Mengecek Status Akreditasi melalui PC/Laptop (H3)

  1. Buka halam resmi BAN-PT di : https://banpt.or.id/
  2. Klik Cari atau pilih data akreditasi, kemudian klik institusi atau program studi.
  3. Lalu ketik perguruan tinggi yang Anda ingin cek status akreditasinya, selanjutnya akan muncul hasil akreditasi lengkap dengan No SK, tahun SK, wilayah, tanggal dan status expired.

Tutorial Mengecek Akreditasi Kampus Menggunakan HP 

1, Buka halaman website resmi BAN-PT di https://banpt.or.id/

2, Klik icon garis tiga yang ada di pojok kanan atas halaman

3, Klik “Data Akreditasi”

4, Klik submenu “Institusi (terkini)”

5, Ketik nama universitas pada kolom pencarian yang tersedia

Cara Mengecek Akreditasi Program Studi 

Selain untuk melihat status akreditasi perguruan tinggi, melalui situs resmi BAN-PT juga dapat melihat status akreditasi program studi kampus. Berikut tutorial nya.

Tutorial Cek Akreditasi Prodi Menggunakan Laptop / PC 

1, Buka halaman website resmi BAN-PT di https://banpt.or.id/

3, Klik “Data Akreditasi”

4, Klik submenu “Program Studi (terkini)”

5, Ketik program studi dan nama universitas pada kolom pencarian yang tersedia. Nantinya akan muncul hasil pencarian lengkap dengan nilai akreditasi, No SK, tahun SK, wilayah, tanggal dan kadaluwarsanya.

Cara Mengecek Akreditasi Prodi Melalui HP 

1, Buka halaman website resmi BAN-PT di https://banpt.or.id/

2, Klik icon garis tiga yang ada di pojok kanan atas halaman

3, Klik “Data Akreditasi”

4, Klik submenu “Program Studi (terkini)”

5, Ketik nama program studi dan universitas pada kolom pencarian yang tersedia

Nah itu tadi rangkaian tutorial cara mengecek akreditasi perguruan tinggi dan jurusan kampus. Jika ingin mencetak atau mendapatkan hasil sertifikasi akreditasi bisa langsung minta ke pihak kampus, biasanya Biro Administrasi Akademik (BAA) di beberapa kampus telah menyiapkan salinan sertifikat tersebut bagi yang membutuhkan atau bisa juga dengan mengcapture hasil akreditasi yang diinginkan kemudian di print. Cukup mudah bukan ? Setelah mengetahui nilai akreditasi yang Anda inginkan, kira-kira mau kuliah dimana ni kawan, tulis dikolom komentar ya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.