Trik Jitu Memilih Indekos (Kost-Kostan)

Memutuskan untuk berkuliah di sebuah perguruan tinggi yang memiliki jarak cukup jauh dari rumah pasti menyenangkan bukan? Namun, siapa sangka hal tersebut juga pasti tidak menutup kemungkinan kamu akan dihadapkan di momen bingung mencari tempat tinggal. Solusinya sudah pasti mencari kontrakan atau Indekos (Kost-Kostan). Kalau kamu mahasiswa luar daerah kamu pasti masih awam dan sedikit bingung bagaimana mencari kontrakan atau kost. Maka dari itu, yuk simak Trik Jitu Memilih Kost-Kostan berikut!

1. Cek Lokasi Kost-Kostan

Hal ini merupakan bagian terpenting sebelum memutuskan dimana tempat tinggal kamu. Apakah kamu akan memilih lokasi di dekat kampus atau jauh dari kampus. Sebab, biasanya dari segi budget, lingkungan dan sebagainya cenderung cukup bebeda. Selain itu apabila kamu memilih Kost-Kostan di daerah kampus maka akses kamu dari kost dan kampus lebih dekat dan mudah, begitupun jika sebaliknya.

Apakah lokasi kost jauh dari perkuliahan atau tidak. Setidaknya, jarak idealnya yaitu 2-4 KM menuju kampus. Namun, jika kamu tidak memiliki kendaraan sangat disarankan untuk mencari kost yang lebih dekat. Sekitar 500 meter dari kampus. Selain itu, lokasinya juga disarankan strategis dan dekat keramaian.

2. Amati Lingkungan Sekitar

Mengapa perlu memperhatikan lingkungan kost? Lingkungan kost sangat memengaruhi bagaimana kehidupan sosialmu dengan tetangga sekitarmu. Jika kostmu berada di sekitar kampus, kegiatanmu sebagai mahasiswa seperti sering berkumpul bersama mengerjakan tugas kelompok atau pulang larut malam karena mengerjakan tugas kuliah, akan menjadi hal yang wajar. Akan tetapi bila tempat kostmu jauh dari kampus dan dekat dengan perumahan warga atau berada di daerah yang cukup terpencil, akan tidak mengherankan jika kamu menemukan fenomena sikap warga yang sedikit sensi dengan tingkah laku kamu yang berisik bersama teman-teman, pulang larut malam dan lain-lain. Maka dari itu kamu harus bisa menyesuaikan sikap dan tingkah lakumu dimana pun kamu tinggal. Seperti kata pepatah, “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”.

Kemudian pilihlah rumah kost yang memiliki lingkungan asri, tentram dan nyaman. Dengan lingkungan tersebut, akan membantu kamu untuk bisa lebih tenang dalam beristirahat. Sebaliknya, jika kamu memilih lingkungan yang salah maka akan membuat istirahat kamu kurang nyaman.

Sebagai contoh, saat kamu memilih lingkungan yang berada di sekitar pabrik. Sudah pasti, akan terdapat suara mesin pabrik yang mengganggu istirahat kamu di kost.

3. Periksa Fasilitas Kost-Kostan

Memilih kost harus selektif dimulai dari hal yang umum hingga mendetail. Terlebih urusan fasilitas kost. Bagaimana tidak, fasilitas kost juga akan memengaruhi budget yang akan kamu keluarkan untuk kost. Karena saat ini semakin dibutuhkan banyak fasilitas untuk menunjang perkuliahan. Serta, untuk mendapatkan kehidupan yang memang layak digunakan.

Pastikan kamu bertanya tentang keberadaan Wifi, dapur umum, parkiran, kamar mandi dan barang-barang yang tersedia di dalam kamar. Selain itu jangan lupa tanyakan bagaimana kondisi listrik dan air yang ada di kostan.

4. Pahami Peraturan yang ada di Kost

Setiap tempat pasti memiliki aturan yang harus ditepati. Maka jangan heran bagi kamu anak rantau yang ketika akan tinggal di kost an, akan dihadapkan dengan berbagai peraturan kost. Para penghuni kost harus mematuhinya. Jika terjadi pelanggaran terhadap aturan tentu penghuni harus siap juga dalam menerima sanksi yang diberikan.

Pihak kost membuat aturan bukan tanpa alasan. Melainkan, untuk menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan aman. Jangan lupa, tinggal di tempat yang bukan rumahmu sendiri, kamu harus selalu menerapkan toleransi antar sesama anak kost.

5. Sesuaikan Dengan Budget

Hal ini adalah hal yang mungkin sering terlupakan. Sebagai anak kost, pemilihan harga pada kost harus dipikirkan. Kaitannya dengan seberapa mampu orang tuamu membiayai kehidupanmu di tanah rantau.

Sebaiknya, untuk memilih kost tidak perlu terlalu mewah. Yang terpenting, sesuai dengan kebutuhan dalam berkuliah. Selain itu, pastikan bahwa harga yang diberikan memang sesuai dengan kualitasnya.

Nah, Bagaimana Anak Rantau? Jangan sampai kamu salah pilih Kost-Kostan ya.

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.