Tips Survive Kuliah di Luar Negeri

Melanjutkan pendidikan di luar negeri merupakan mimpi bagi banyak orang. Bagaimana tidak? Selain untuk menuntut ilmu hingga jenjang tertinggi, berkuliah di luar negeri dapat menjadi sarana untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman baru dari orang-orang yang ditemui dan tempat yang dikunjungi. Apalagi saat ini sudah banyak sekali pihak mulai dari pemerintah hingga swasta yang menyediakan beasiswa pendidikan untuk mereka yang ingin mengejar mimpinya jauh di perantauan sana.

Namun, modal keinginan yang tinggi serta beasiswa yang didapatkan saja tidak cukup. Kemampuan untuk bertahan hidup atau survive sangat dibutuhkan dalam menjalahi hidup di luar negeri sangat penting untuk dimiliki. Nah, berikut ini beberapa tips untuk dapat bertahan hidup saat berkuliah di luar negeri:

1. Mengerti Bahasa Yang Digunakan Negara Tujuan

Hal paling mendasar dan penting untuk diketahui saat akan berangkat merantau ke luar negeri adalah bahasa. Tidak perlu langsung mahir dan lancar, setidaknya pelajari beberapa kosakata dasar seperti untuk menyapa orang dan juga menanyakan alamat. Ini akan mempermudah Sobat berandakampus untuk beradaptasi dengan lingkungan. Kalau kata pepatah bahasa Inggris sih, “language is a road map of a culture”.

2. Belajar Mengatur Keuangan

Sebagai seorang perantau yang bijak mengatur keuangan adalah hal yang urgensinya sangat tinggi apalagi di luar negeri nantinya, Sobat berandakampus akan dipaksa untuk mandiri mengurus diri sendiri. Sebisa mungkin untuk belajar menyisihkan sedikit uang untuk ditabung karena jika sewaktu-waktu ada kebutuhan mendesak, tabungan ini dapat membantu menyelesaikan masalah yang ada. Selain itu pastikan untuk memahami nilai tukar mata uang negara tersebut dengan rupiah, karena biasanya jumlah digit yang sedikit akan menjadi godaan terbesar untuk berbelanja. Jika diperlukan, Sobat berandakampus dapat mencari penghasilan tambahan dengan bekerja paruh waktu.

3. Mencari Relasi Sebanyak Mungkin

Mencari teman di luar negeri mungkin akan sedikit sulit karena perbedaan budaya yang cukup mencolok. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba mengajak bicara beberapa orang di sekitar. Karena akan banyak sekali manfaat yang didapatkan jika berhasil membangun relasi yang baik dengan warga lokal, diantaranya adalah untuk mendapatkan berbagai informasi tentang negara tujuan yang tidak bisa didapatkan di internet.

4. Bergabung Dengan Komunitas Orang Indonesia

Selain berteman dengan warga lokal, jangan lupa untuk tetap bergabung dan terhubung dengan orang-orang Indonesia yang tinggal di negara yang sama. Biasanya, di setiap negara ada komunitas atau perkumpulan Indonesia yang terbentuk. Ada baiknya, Sobat berandakampus ikut bergabung. Apalagi biasanya, rasa kekeluargaan yang tinggi antar para perantau ini dapat menjadi pengobat rindu terhadap keluarga yang jauh di Indonesia.

5. Mempelajari Budaya dan Keadaan Negara Tujuan

Saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri, jangan sampai buta terhadap budaya dan keadaan negara tujuan. Selain untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan terjadi, mempelajari budaya juga dapat menjadi bentuk penghormatan dan penghargaan kepada negara tujuan. Tidak hanya itu, keadaan negara tujuan seperti cuaca juga penting untuk diketahui. Mungkin terlihat sepele, namun hal ini cukup penting.

6. Mengerti Cara Melakukan Pekerjaan Rumah

Dimulai dari hal-hal basic seperti memasak dan mencuci baju hingga hal yang cukup rumit seperti mengganti bohlam lampu sendiri setidaknya menjadi bekal bagi Sobat berandakampus sebelum memutuskan untuk belajar di luar negeri. Selain untuk mempermudah hidup saat jauh dari keluarga, hal ini juga dapat menjadi cara ampuh untuk berhemat lho.

7. Menjaga Kesehatan dan Pola Hidup

Terakhir, saat semua hal telah dipersiapkan dengan matang dan dilakukan dengan baik, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan. Selalu menjaga pola makan, beristirahat dengan cukup, dan berolahraga teratur. Ingat, sehat itu mahal harganya, so don’t be ignorant to your health! (ays)

 

Dilansir dari: https://machung.ac.id/content/2020/08/30/6-tips-bertahan-hidup-saat-kuliah-di-luar-negeri/

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.