Tips Opening Sidang Skripsi

Sidang skripsi merupakan salah satu bentuk ujian untuk mempresentasikan hasil penelitian. Hasil penelitian yang disusun dalam bentuk karya tulis ilmiah skripsi oleh mahasiswa yang menempuh pendidikan di jenjang strata satu atau S1 nantinya dipertahankan di depan beberapa dewan penguji. Sidang skripsi sendiri merupakan prosedur yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi negeri dan merupakan ujian terakhir yang mesti dilalui mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana.

Proses sidang skripsi sendiri memiliki beberapa tahapan dimulai dari pembukaan atau opening. Di sini kita akan membahas bagaimana kiat-kiat untuk melakukan pembukaan pada sidang skripsi. Karena opening presentasi ketika sidang skripsi itu merupakan hal yang penting. Karena pembukaan sendiri yang menentukan bagaimana bagian tengah dan akhir presentasi.

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk pembukaan sidang skripsi.

1. Ucapkan salam, sapa dan hormat

Pembukaan yang baik dimulai dengan mengucapkan salam diikuti dengan sapaan serta kalimat pembuka berupa hormat terhadap dewan penguji serta pihak lain yang turut hadir dalam proses sidang skripsi. Sebagai contoh,

Assalamualaikum Wr. Wb. Yang saya hormati Bapak/Ibu (sebutkan nama penguji dengan gelar) selaku penguji utama. Yang saya hormati (sebukan nama penguji dengan gelar) selaku penguji kedua. Serta dosen pembimbing saya (sebutkan nama dosen pembimbing dengan gelar) yang turut hadir dalam proses sidang skripsi kali ini.

Untuk isi dari ucapan salam, dapat disesuaikan dengan ketentuan dan kebijakan dari kampus masing-masing.

2. Ucapan terima kasih dan perkenalan diri

Setelah salam, kalian bisa lanjutkan dengan mengucapkan terima kasih disertai perkenalan diri. Perkenalan dimulai dari nama, program studi dan fakultas asal. Beberapa program studi mungkin mewajibkan perkenalan dengan menyantumkan nomor induk mahasiswa. Hal itu dapat disesuaikan dengan ketentuan dari masing-masing kampus.

Sebelumnya terima kasih untuk Bapak/Ibu dewan penguji yang telah hadir di sini dan memberikan saya kesempatan untuk melakukan sidang skripsi. Perkenalkan nama saya (ucapkan nama) dari program studi (sebutkan prodi kamu) fakultas (sebutkan fakultas dan nama universitas).”

3. Sampaikan tujuan kamu, sebutkan judul skripsi, dan siapa pembimbing skripsimu

Pada poin ini kamu bisa memulainya dengan menyebutkan apa tujuan kamu berbicara di depan, sebutkan judul skripsi yang akan kamu presentasikan serta siapa pembimbing skripsimu.

Kali ini saya akan mempresentasikan hasil penelitian skripsi saya yang berjudul “Pengaruh Konten Tiktok @rensia_sanvira Terhadap Pola Asuh Orangtua Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta” dengan dosen pembimbing saya yaitu Bapak/Ibu (sebutkan nama dosen pembimbing dengan gelar).

4. Bridging dan Jelaskan

Terakhir, langsung bridging atau menyambungkan pembukaan sebelumnya dilanjutkan dengan menjelaskan latar belakang penelitian yang kamu ambil.

Alasan saya mengambil judul penelitian ini karena berawal dengan adanya kekhawatiran saya terhadap masalah (jelaskan alasan kamu mengambil topik tersebut).

Jika script di atas sudah cukup membantu, selanjutnya kamu sebagai presentator juga harus membawakannya dengan yakin dan penuh percaya diri. Dan yang paling penting adalah kalian harus memahami isi skripsi kalian sendiri, jangan sampai terbata-bata dan terlihat ragu. Karena itu menunjukkan kamu belum siap sama apa yang kamu sampaikan.

 

Penulis : Risma Nadya

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *