Tips Menulis “Tentang Saya” Dalam Kolom CV

Ketika kamu akan melamar pekerjaan tidak jarang diminta untuk menyertakan Curriculum Vitae (CV) dalam berkas lamaran kerja yang kamu siapkan. Apakah kamu pernah bingung bagaimana cara membuat isian “Tentang Saya” dalam kolom CV mu? Untuk penulisan data pengalaman kerja dan riwayat pendidikan pastinya tidaklah sulit karena pada bagian ini ditulis berdasarkan data valid. Tetapi untuk penulisan pada bagian “Tentang Saya” terkadang masih menyulitkan bagi kamu. Hal ini terjadi dikarenakan kamu yang kurang bisa menjelaskan kelebihan dirimu yang menjadi kendala dalam mengisi bagian “Tentang saya”. Tapi jangan khawatir, begini caranya.

Bagian “Tentang Saya” ini merupakan bagian yang berisi penjelasan singkat tentang dirimu secara keseluruhan. Biasanya pada bagian ini kamu bisa membuatnya hanya dalam satu paragraf. Usahakan dalam penulisannya kamu buat semenarik mungkin namun dengan jujur. Yang perlu kamu tulis adalah:

1. Tidak perlu menyebutkan Nama dan Domisili dalam penulisan “Tentang Saya”. Karena untuk data diri sudah tertera pada bagian biodatamu.

2. Hindari mengisi harapan dan janji. Hal ini harus kamu hindari untuk diisi pada bagian “Tentang Saya”. Karena perusahaan yang akan kamu lamar lebih memerlukan skill dari pada harapan dan janjimu yang ada kemungkinan palsu.

3. Tuliskan Skill dan Kemampuanmu sesuai dengan posisi yang dilamar. Hal ini yang menjadi daya tarik paling ampuh untuk kamu tulis pada bagian “Tentang Saya”. Karena pertimbangan terbesar dalam melamar pekerjaan adalah skill dan kemampuan. Usahakan skill dan kemampuan yang kamu tuliskan adalah skill dan kemampuan yang sesuai dengan posisi lowongan yang akan kamu lamar. Hindari penulisan skill dan kemampuan di luar jobdesk posisi lowongan tersebut. Selain agar kamu tidak terlihat berbohong, hal ini juga membantumu memberi citra bahwa kamu memang berkompeten untuk mengisi lowongan tersebut.

 

Penulis : Alim Javier

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.