Tips Menjaga IPK Tetap Tinggi Dalam Perkuliahan Online

Memang tidak bisa dipungkiri jikalau sistem dan metode pendidikan kita di Indonesia ini sudah berubah. Kini sebagian besarnya aktivitas belajar mengajar dilakukan secara online. Lalu mahasiswa yang melakukan perkuliahan secara online mau tidak mau harus terbiasa menggunakan berbagai software dan aplikasi penunjang perkuliahan, seperti e-mail, e-Portfolio, discussion board, dan lain sebagainya. Mereka juga harus terbiasa menggunakan berbagai macam teknologi seperti webinar, social networking, atau podcast untuk melakukan tatap muka dengan dosen secara online.

Mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang rendah pada akhir semester dan susahnya menangkap materi yang disampaikan dosen merupakan keluhan yang sering muncul dari mahasiswa yang menjalani perkuliahan online. Yang disebabkan mulai dari susahnya jangkauan sinyal yang berada di kampung halaman masing-masing, tertinggal info perkuliahan yang mendadak berubah, kendala dalam melakukan absensi di e-learning, hingga berbagai macam gangguan yang lainnya.

Namun untuk mengatasi mendapat IPK yang rendah, kita dapat melakukan beberapa upaya yang mampu menjaga IPK kita tetap tinggi.

1. Selalu Update Informasi dan Kegiatan Perkuliahan

Nah sering terjadi di kalangan mahasiswa saat mereka terlalu disibukkan dengan kegiatannya di rumah sehingga sering terlewat waktu perkuliahan yang semestinya. Maka dari itu, kita perlu mencatat seluruh kegiatan perkuliahan agar tidak terlewatkan lagi.

2. Buatlah Jadwal dan Aktifkan Pengingat/Alarm

Setelah mencatat informasi dan kegiatan perkuliahan maka langkah selanjutnya adalah susun jadwal dan buatlah pengingat agar ketika sudah masuk pada waktunya kita bisa bersiap-siap untuk kuliah. Dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari, segala aktivitas di rumah tetap bisa terorganisir dengan baik termasuk kegiatan perkuliahan secara online.

3. Carilah Tempat yang Nyaman dan Kondusif

Tempat yang nyaman dan kondusif merupakan salah satu faktor yang menjadikan kuliah online menjadi lebih kondusif. Pilihlah tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan, agar kita bisa lebih fokus dan bisa berkonsentrasi dengan baik. Jauhkan diri dari kasur atau tempat tidur untuk menghindari godaan untuk rebahan atau mengantuk.

4. Jangan Malas Untuk Mencatat Materi dan Mengerjakan Tugas

Biasakan diri kita untuk mencatat materi baik sebelum maupun saat kegiatan perkuliahan online berlangsung. Hal ini bertujuan agar kita memiliki gambaran mengenai materi yang dibahas. Dan yang paling utama adalah mengerjakan tugas yang telah diberikan dosen dengan tepat waktu. Karena tak sedikit juga dosen yang bergantung kepada hasil dari pengerjaan tugas yang sudah diberikan kepada mahasiswa untuk nilai hasil akhir perkuliahan.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Editor : Sakinah/Una

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.