Tips Memilih Tempat Magang Bagi Mahasiswa

Magang menjadi proses yang penting setelah berkuliah bagi mahasiswa. Bagaimana tidak, magang adalah sarana aktualisasi diri terhadap ilmu yang sudah didapatkan di dalam kelas-kelas. Di sisi lain, magang menjadi sarana untuk mengenal lebih dekat bagaimana proses bekerja sesuai bidang kalian kelak jika sudah selesai dengan perkuliahan.

Lebih jauh, beberapa kampus memberikan kebebasan penuh kepada mahasiswanya untuk memilih tempat magang mereka. Hal ini dilakukan untuk memberikan mahasiswa otoritas penuh terhadap orientasi bekerja mereka, kelak setelah lulus. Nah, bagi kalian yang diberikan kewenangan penuh, bagaimana sih memilih tempat magang yang baik? Yuk simak penjelasan berikut :

  1. Carilah Impresi Mantan Peseta Magang

Sebelum memilih tempat magang, cobalah untuk mencari testimoni dari para peserta magang sebelumnya. Gali lebih dalam apakah mereka di dalam sana dilibatkan atau hanya sebagai pajangan saja? Jangan sampai selesai magang kalian hanya mendapatkan sertifikat saja tanpa ilmu menyertainya.

  1. Pilihlah tempat yang jelas

Jika magang hanya untuk mengugurkan kewajiban, maka dimanapun kalian bisa mendapatkannya. Namun, sayang sekali jika hanya untuk hal tersebut. Maka dari itu, pastikan tempat magang kalian jelas dan pastikan kalian bisa memperoleh ilmu atau skill tambahan. Pilihlah tempat yang sudah banyak orang ketahui atau mendapatkan testimoni yang baik dari para peserta magang sebelumnya.

  1. Dibayar atau tidak dibayar ya?

Meskipun posisi kalian sebagai peserta magang bukanlah seorang karyawan kontrak atau tetap, pilihlah tempat magang yang memberikan hak kalian sebagai seorang peserta magang. Salah satu dari hak kalian sebagai peserta magang adalah mendapatkan uang saku. Tidak main-main, hal ini diatur secara resmi di Undang-undang lho. Menurut pasal 22 ayat (2) UU Ketenagakerjaan, peserta magang berhak untuk memperoleh uang saku dan/atau uang transportasi, memperoleh jaminan sosial tenaga kerja, dan memperoleh sertifikat magang apabila lulus di akhir program.

Nah tiga di atas tadi adalah tips memilih tempat magang. Selain dapat ilmu dan skill baru, magang juga memberikan kesempatan kalian untuk langsung bekerja lho jika performa kalian baik selama magang. Jadi, pilihlah tempat magang yang baik dan lakukan kegiatan magang semaksimal mungkin ya guys!

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Share this Post

Mungkin Anda Tertarik !

Campus Abroad

Kupas Tuntas Program Fulbright AMINEF

American Indonesian Exchange Foundation atau lebih dikenal dengan sebutan AMINEF adalah organisasi yang menyediakan banyak sekali program-program terkait pendidikan ke Amerika Serikat. Organisasi ini didanai

Read More »