Tips Hemat Ala Mahasiswa Check!

Salam Mahasiswa! Sudah lama menjadi mahasiswa tapi merasa uang jajan dari orang tua nggak pernah cukup? Kira-kira kurang atau bagaimana?

Nah, sebenarnya sejak kecil masing-masing dari kita sudah diajarkan untuk menabung. Akan tetapi mungkin setelah dewasa hanya sulit melaksanakannya. Padahal hidup tanpa cadangan uang sama sekali, dijamin sulit menikmati hidup secara maksimal. That’s why, kamu butuh menabung. Mari simak gimana sih Tips and Trik Hemat Ala Mahasiswa tapi tetap nggak melarat :

1. Buatlah RAP (Rancangan Belanja Pribadi)

RAP adalah Rancangan Belanja Pribadi, artinya kamu harus merencanakan dulu kira-kira apa saja kebutuhan kamu dalam sebulan. Seperti kebutuhan wajib dan sunnah. Wajib sudah pasti seperti makan, mencuci dan lain-lain. Kebutuhan sekunder mungkin bisa dikategorikan dari segi gaya hidup seperti jalan-jalan, nonton bioskop dan lain-lain.

Kemudian jangan lupa berikan budget untuk kebutuhan kamu tersebut dengan menyesuaikan uang bulanan kamu. Perlu diingat, dahulukan kepentingan primer dulu ya.

2. Stick to the Budget

Maksudnya adalah sisihkan uang bulanan kamu untuk ditabung. Mungkin akan sulit, tapi dengan begitu kamu jadi punya tabungan. Setidaknya uang tersebut bisa menjadi simpanan atau dana darurat nantinya.

Nah untuk menyisihkannya berapa, kamu bisa mulai dari nominal yang paling kecil, misalnya 100 rupiah terlebih dahulu atau 500 rupiah. Dengan begitu tanpa kamu sadari akan semakin banyak tabungan kamu.

3. Batasi Pengeluaran Tidak Terlalu Penting

Perlu diingat bahwa kamu hidup jauh dari orangtua. Maka untuk dapat melangsungkan hidup di luar rumah kamu hanya dapat mengandalkan uang bulanan yang diberikan orangtuamu. Jadi, kamu harus bisa pintar-pintar membatasi pengeluaran kamu yang mungkin tidak terlalu penting.

Pengeluaran yang tidak terlalu penting ini mungkin bisa berupa pengurangan belanja di online shop, mengurangi hidup berfoya-foya dan lain-lain. Kemudian untuk urusan makan sehari-hari mungkin akan lebih hemat lagi jika kamu membiasakan masak sendiri di kost an. Sehingga budget makan kamu sehari-hari berkurang.

4. Looking for Additional Funds

Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu merasa uang bulanan kamu belum cukup. Misalnya kamu bisa mengambil pekerjaan Part Time di Kafe, menjadi penulis freelance, fotografer, desain grafis, atau yang lainnya. Cara lain adalah menjual barang-barang yang sudah tidak kamu pakai namun masih layak digunakan. Yang terpenting cara tersebut positif dan menghasilkan uang tambahan untukmu.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas sekarang kamu jadi tahu kan bagaimana menjadi mahasiswa hemat? Jadi, tunggu apalagi!

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.