Tips Danusan, Agar Tak Hanya Jual Risol Mayo

Biasanya pada saat menjelang penyusunan program kerja besar di masing-masing organisasi, atau persiapan keberangkatan kelompok KKN mandiri, banyak sekali berseliweran mahasiswa yang menawarkan jajanan kepada mahasiswa lain atau siapapun yang ditemuinya, atau yang sering kita dengar dengan istilah “Danusan“. Mulai dari risol mayo, donat, buah-buahan, hingga air minum kemasan. Jajanan yang paling sering kita temui biasanya risol mayo, karena memang sudah jadi andalan banyak mahasiswa yang sedang mencari atau mengumpulkan dana baik untuk dirinya pribadi atau untuk kegiatan organisasi atau kelompok KKN mandirinya.

Namun akibat dari pandemi yang terjadi sejak Maret 2020 lalu, membuat kegiatan “Danusan” tersebut jadi belum bisa kita temui lagi. Apalagi kadang kegiatan danusan ini sering tak sejalan antara hasil dan usaha, karena terkadang usaha yang kita lakukan sudah maksimal namun hasilnya tidak membahagiakan. Hal tersebut membuat kita harus berpikir lebih keras dan kreatif lagi supaya hasilnya lebih maksimal.

Nah, berikut ini beberapa tips danusan yang bisa kalian lakukan tanpa harus jualan risol mayo ;

  1. Open Paid Promoted

Jasa pengiklanan produk melalui akun media sosial memang sudah menjadi hal yang wajar. Di lingkup organisasi mahasiswa sendiri, tentu ada saja salah satu anggota yang memiliki followers Instagram maupun Twitter yang cukup banyak, yang kadang bisa mencapai lebih dari 10.000 followers. Hal tersebut, sejatinya bisa dimaksimalkan baik untuk promosi kegiatan organisasi, ataupun untuk menambah pundi-pundi pendanaan kegiatan organisasi. Anggota lain yang followers medsosnya sedikit pun tak masalah untuk membantu mengiklankan. Hitung-hitung belajar untuk mengiklankan jualan juga.

  1. Jual Followers dan Like

Beberapa akun jualan, media, atau bahkan akun pribadi ada yang butuh followers real untuk menaikkan inshigt mereka di media sosial. Oleh karena itu tak ada salahnya, jika kita coba jual Followers dan Like kepada mereka yang ingin menaikkan inshigt mereka. Setidakya dalam sebuah organisasi ataupun kelompok mahasiswa lainnya pada umumnya mempunyai lebih dari 20 anggota. Tiap anggota tersebut pasti mempunyai akun media sosial yang kadang memiliki followers ratusan, atau bahkan ada yang ribuan. Hal itu alangkah baiknya dimaksimalkan untuk bisa mendapatkan penghasilan organisasi atau bahkan kelompok KKN kita.

  1. Jual Jasa Editing Poster atau Foto

Tips berikut ini bisa memaksimalkan soft skill yang dipunya anggota organisasi atau kelompok KKN kita, yaitu berupa skill editing. Karena tak jarang beberapa instansi, warung/tempat usaha, atau bahkan individu, mempunyai minat untuk bisa dibuatkan poster promosi, atau bahkan berminat untuk dieditkan foto mereka. Agar lebih menarik lagi, supaya branding usaha atau individu mereka lebih baik lagi. Tips ini tak ada salahnya dicoba juga untuk kegiatanĀ danusanĀ kita.

  1. Jual Jasa Foto Produk

Akhir-akhir ini di tengah persaingan kerja yang kian ketat, banyak sekali orang-orang yang mencoba peruntungan mereka di bidang usaha. Namun dengan usaha mereka yang sekedar coba-coba, sehingga mereka kadang tak terlalu memikirkan foto produk mereka diambil secara baik dan bagus, bahkan terkesan asal-asalan. Hal itu alangkah baiknya bisa dimanfaatkan oleh kita yang mungkin punya pemahaman dan penguasaan lebih terkait fotografi, untuk membantu dalam pengambilan foto produk yang lebih bagus dan baik lagi. Tentu dengan imbal hasil yang tidak terlalu memberatkan mereka yang sedang memulai usaha, namun tetap bisa membantu pendanaan kegiatan organisasi dan kelompok KKN kita.

Jadi itu beberapa tips bentuk amal usaha kita untuk membantu pendanaan organisasi maupun KKN mandiri kita nantinya. Supaya kita gak melulu mengandalkan jualan risol mayo. Jangan lupa komen di bawah untuk info dan tips yang lainnya ya.

 

Penulis : Ari Himawan

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.