Tips Agar Nugas di Cafe Tetap Produktif dan Efektif: Wajib Coba!

Siapa nih yang suka “nugas” di cafe? Selain suasana yang cozy, aroma kopi yang nikmat, dan vibes yang asik, nugas di cafe bisa jadi alternatif seru agar tak bosan di kos atau perpustakaan. Tapi, kadang mengerjakan tugas di cafe justru menjadikan kita semakin tidak fokus, karena banyaknya distraksi. Nah, biar nugas di cafe tetap produktif dan efektif, yuk ikutin tips-tips kece ini!

1. Pilih Cafe yang Tepat Juga Stay Hydrated dan Siapkan Camilan

Pilih cafe yang suasananya nyaman untuk belajar, tidak terlalu berisik, dan punya fasilitas yang mendukung seperti Wi-Fi lancar dan colokan listrik yang banyak. Jangan lupa cek juga menu makanannya, agar kamu bisa ngemil sambil nugas. Untuk menjagamu agar tetap semangat, pesan minuman favorit kamu, bisa kopi, teh, atau jus. Jangan lupa juga pesan camilan biar tidak lapar di tengah-tengah nugas. Minuman dan camilan bisa jadi mood booster yang ampuh, lho!

2. Bawa Perlengkapan yang Lengkap: Gunakan Headset atau Earphone

Pastikan kamu membawa semua perlengkapan yang kamu butuhkan, mulai dari laptop, charger, earphone, sampai buku catatan dan alat tulis. Jangan sampai ada yang tertinggal, yang menyebabkan kamu harus kembali ke kos atau kontrakan untuk mengambil baran-barang kebutuhanmu itu. Pakai headset atau earphone bisa membantu kamu untuk tetap fokus. Putar playlist favorit kamu atau dengarkan white noise agar suara-suara di sekitarmu tidak menganggu konsentrasimu. Pilih musik yang relaxing atau instrumental supaya tidak terlalu distracting.

3. Manfaatkan Teknik Pomodoro dan Buat To-Do List

Pernah dengar teknik Pomodoro? Teknik ini membuat kamu bekerja dalam interval waktu tertentu, misalnya 25 menit fokus kerja, terus istirahat 5 menit. Ulangi sampai beberapa kali, lalu istirahat lebih lama. Teknik ini bisa membuat kamu tetap fokus dan tidak cepat lelah. Sebelum mulai nugas, buat to-do list dari tugas-tugas yang harus kamu selesaikan. Prioritaskan tugas yang paling penting dan urgent. Dengan to-do list, kamu jadi lebih terarah dan tahu apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

4. Batasi Penggunaan Sosial Media dan Manfaatkan Aplikasi Produktivitas

Ini dia tantangan terbesar, social media! Batasi penggunaan sosial media selama nugas agar waktumu tidak terbuang sia-sia karena asik scrolling Instagram atau TikTok. Kamu bisa set timer atau gunakan aplikasi yang bisa memblok akses sosial media sementara waktu. Manfaatkan aplikasi produktivitas seperti Trello, Notion, atau Google Keep untuk mengatur tugas-tugas kamu. Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk tetap terarah dan mengingatkan deadline tugas yang harus diselesaikan.

5. Tetapkan Waktu Keluar dan Review dan Cek Hasil Kerjaan

Agar nugas kamu lebih efektif, tetapkan waktu keluar atau selesai nugas. Misalnya, kamu targetkam selesai nugas dalam 2-3 jam. Dengan adanya batas waktu, kamu jadi lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. Sebelum kamu pergi dari cafe, luangkan waktu sebentar untuk review dan cek hasil pekerjaan kamu. Pastikan semua tugas yang kamu targetkan sudah selesai atau minimal ada progres yang signifikan.

Itu dia tips biar nugas di cafe tetep produktif dan efektif. Sudah tidak ada alasan lagi untuk males nugas, kan? Dengan suasana yang asik dan strategi yang tepat, kamu bisa jadi lebih produktif dan enjoy sambil nugas di cafe. Selamat mencoba, guys!

 

Penulis : Amalia Zahara

Editor : Sakinatudh Dhuhuriyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *