Tips Adaptasi di Kantor Baru

Sebelum kita beradaptasi di kantor baru, kita perlu mengetahui budaya perusahaan terlebih dahulu. Budaya perusahaan atau company culture adalah keyakinan, nilai, kepercayaan, dan norma bersama yang menjadi ciri perusahaan dan diikuti oleh anggota perusahaan. Budaya ini meliputi berbagai elemen, seperti lingkungan kerja, misi perusahaan, gaya kepemimpinan, etika, harapan, dan tujuan organisasi.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk beradaptasi di kantor barumu.

1. Riset

Sebelum kamu memutuskan untuk mendaftarkan diri di sebuah perusahaan, ada baiknya kamu periksa dahulu kultur organisasi mereka apakah nilai yang mereka terapkan di perusahaan sesuai dengan kepribadian kamu.

2. Terbuka

Jika kamu sudah mulai aktif di kantor, ada baiknya kamu menjadi pribadi yang terbuka. Pribadi terbuka yang dimaksudkan adalah pribadi yang humble, easygoing namun jangan terlalu SKSD (sok kenal sok dekat), dan jangan sungkan untuk bertanya pada teman sekantor atau atasan kamu jika ada yang membuatmu bingung.

3. Aktif

Untuk adaptasi dengan budaya perusahaan kantor baru adalah dengan berusaha lebih aktif. Kamu bisa ikut berpartisipasi aktif ketika ada acara kantor seperti perayaan ulang tahun staff atau kamu juga bisa terlibat dalam segala perkembangan yang ada di kantor.

Dari beberapa tips di atas bisa saja kamu masih belum bisa beradaptasi dengan cepat. Itu hal yang umum terjadi apabila kamu berada di sebuah lingkungan baru, karena tidak semua karyawan baru mampu beradaptasi dengan mudah dengan nilai-nilai perusahaan, begitu juga di lingkungan kantor.

Nantinya, seiring berjalannya waktu kamu akan segera menemukan kenyaman di kantor, kamu hanya perlu menikmati momen yang ada di kantor dan ikut berperan aktif di sana. Apabila seiring berjalannya waktu kamu tidak kunjung menemukan kecocokan, ada baiknya kamu berdiskusi dengan atasan kamu atau HRD, sehingga mereka juga bisa membantu kamu memecahkan permasalahan kamu.

 

Penulis : Idhea Cantika

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.