Tingkatan Level Dalam Bahasa Inggris, Kamu Yang Mana Nih?

 

Mempunyai skill bahasa Inggris yang bagus merupakan impian bagi banyak orang, dengan bahasa satu ini, seseorang bisa mendapatkan akses dunia luar dengan sangat luas, contoh sederhananya saja adalah memiliki privilege mendapatkan informasi luar negeri dengan mudah, membaca buku dan jurnal yang kebanyakan memakai bahasa Inggris, dan masih banyak keuntungan lainnya. Di zaman sekarang, mempelajari skill bahasa Inggris berubah dari yang awalnya hanya pilihan menjadi keharusan yang harus dimiliki oleh setiap orang, terutama mahasiswa. Kebutuhan mahasiswa seperti membaca jurnal, pertukaran mahasiswa antar negara, seminar internasional, dan kuliah di luar negeri, semua hal ini menuntut mereka untuk mempunyai skill bahasa Inggris.

 

Untuk kamu yang bukan berasal dari jurusan yang mengajarkan bahasa Inggris secara intensif seperti Pendidikan bahasa Inggris, Sastra Inggris, Hubungan Internasional, atau jurusan dengan program internasional, jangan berkecil hati, di zaman sekarang kamu bisa mempelajari apapun dan kapanpun dengan adanya internet. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui level bahasa Inggris kamu ada dimana. Sehingga ketika memulai pembelajaran, dengan mengetahui level pengetahuan kamu, kamu bisa menyesuaikan topikĀ  dengan level skill yang kamu miliki. Level bahasa Inggris sendiri bisa ditentukan melalui standar internasional bernama Common European Framework of Reference for Languages atau biasa disingkat CEFR. Yuk kenali level-level kemampuan dalam bahasa Inggris menurut CEFR lebih dekat untuk mengetahui level bahasa Inggris kamu:

 

  1. A1 Beginner

Ini merupakan level pertama yang terbilang masih sangat dasar dalam level skill bahasa Inggris, seseorang yang berada di level A1 beginner ini biasanya hanya mampu memahami kosa kata yang sangat umum dan sederhana. Pada level ini, skor A1 beginner pada International English Language Testing System atau disingkat IELTS dan Test of English as a Foreign Language Paper Based Test atau biasa disebut TOEFL PBT akan terdeteksi n/a atau tidak memiliki skor sama sekali.

 

  1. A2 Elementary

Level selanjutnya dari bahasa Inggris adalah A2 elementary, pada level ini user bahasa Inggris biasanya sudah memiliki pengetahuan untuk memahami percakapan dasar dan mampu berkomunikasi, namun sangat terbatas pada topik-topik yang ia kuasai. User dikelas A2 elementary ini biasanya setara dengan nilai n/a atau tidak ada pada skor IELTS dan TOEFL PBT.

 

  1. B1 Intermediate

Pada level B1 intermediate, user bahasa Inggris biasanya sudah mampu berkomunikasi secara aktif dan pasif namun memiliki beberapa keterbatasan ketika membahas hal-hal yang membutuhkan vocabulary yang luas, jika kamu sudah mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris namun masih sedikit bingung ketika mengingat-ingat beberapa vocabulary, bisa jadi kamu adalah user bahasa Inggris dengan level B1 intermediate. Jika dibandingkan dengan hasil tes IELTS dan TOEFL, level B1 intermediate ini biasanya memiliki range nilai IELTS 4.0 hingga 5.0 dan range TOEFL Paper Based Test (PBT) 387 hingga 450.

 

  1. B2 Upper Intermediate

Pada level ini, user sudah pasti memiliki kemampuan untuk menguasai bahasa Inggris tanpa kendala, bahkan sudah mampu memahami slang atau bahasa gaul dalam bahasa Inggris. Jika B2 upper intermediate mengambil tes bahasa Inggris, user ini biasanya akan memiliki range nilai IELTS diantara 5.5 hingga 6.0 dan TOEFL PBT diantara 453 hingga 546, nilai ini merupakan nilai yang sangat tinggi bagi user bahasa Inggris yang tinggal dimana bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa asing, beberapa kampus luar negeri pun menerima para mahasiswa dengan level B2 upper intermediate ini.

 

  1. C1 Advanced

Di level C1 advanced ini, sudah dipastikan user memiliki skill pemahaman yang tinggi terhadap bahasa Inggris, mereka biasanya sudah mampu berbicara secara spontan, cepat, dan sudah memiliki kapabilitas untuk menggunakan bahasa Inggris di dunia akademis dan profesional, pada level ini mereka akan dengan mudah, santai, serta percaya diri ketika menggunakan bahasa Inggris. Range nilai tes bahasa Inggris C1 advanced ini biasanya memiliki nilai IELTS 6.5 hingga 7.5 dan TOEFL PBT dengan jumlah 548 hingga 633. Catatan lainnya adalah, kampus-kampus luar negeri dan lembaga beasiswa biasanya menetapkan standar bahwa user C1 advanced sudah sangat memiliki kapabilitas untuk melanjutkan kuliah keluar negeri.

 

  1. C2 Proficient

Level yang terakhir adalah C2 proficient, ini merupakan level terakhir dari standar CEFR dimana berarti user bahasa Inggris pada level ini sudah memiliki kemampuan dalam bahasa Inggris setara dengan penutur asli atau native speakers, biasanya para user di level ini akan memiliki skor tes bahasa Inggris hampir sempurna seperti memiliki IELTS diantara 8.0 hingga 9.0 dan TOEFL PBT setara 637 hingga 677, dimana skor-skor tersebut merupakan skor terbaik dan tertinggi dalam skala tes kemampuan bahasa Inggris.

 

Nah itulah macam-macam tingkatan level dalam bahasa Inggris menggunakan skala CEFR, sebelum memulai perjalanan belajar bahasa Inggris kamu, ada baiknya untuk mengetahui dimana level kamu sekarang dengan mengambil tes bahasa Inggris, seperti IELTS, TOEFL, TOEIC, dan beberapa tes bahasa Inggris lainnya.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.