Tiga Universitas Besar di Negara Tetangga, Timor Leste

Setelah melepaskan diri dari pemerintah Republik Indonesia pada 30 Agustus 22 tahun lalu, Timor Leste terus berbenah dan berkembang menjadi negara mandiri dan berdikari. Di antaranya penguatan di sektor pendidikan terutama pendidikan tinggi. Beberapa sumber menyatakan bahwa di Timor Leste terdapat 8 universitas yang disediakan untuk warga negaranya. Nah, apakah kalian tahu apa nama dan beberapa info mengenai universitas-universitas yang ada di Timor Leste? Yuk simak 3 universitas besar yang ada di Timor Leste.

Universidade Nacional Timor Lorosa’e (UNTL). Kampus Universidade Nacional Timor Lorosa’e (UNTL) didirikan setahun tepat setelah Timor Leste memerdekakan diri dari pemerintah Republik Indonesia pada tahun 2000 silam. Kampus UNTL terletak di kota Dili dimana merupakan Ibu Kota dari Timor Leste. UNTL menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi seperti gelar pra-sarjana, yaitu sertifikat, diploma, gelar asosiasi atau yayasan. Tidak hanya itu, UNTL juga menyediakan beberapa fasilitas dan layanan akademik dan non-akademik kepada mahasiswa termasuk perpustakaan, serta layanan administrasi. Adapun bidang studi di UNTL diantaranya Seni & Humaniora, Bisnis & Ilmu Sosial, Kedokteran & Kesehatan, Teknik.

Institute Superior Cristal (ISC) merupakan perguruan tinggi besar kedua di Timor Leste. Institute ini didirikan setahun setelah UNTL didirikan yakni tahun 2001 silam. Universitas ini pun terletak di kota Dili, Timor Leste. ISC menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi seperti gelar sarjana di beberapa bidang studi. Di antara bidang studi yang tersedia di ISC yaitu Seni & Humaniora, dan Teknik.

Setahun setelah ISC, pemerintah Timor Leste mencoba mendirikan Universitas baru yakni Universidade de Díli (UNDIL) yang didirikan pada tahun 2002 lalu. Sama halnya seperti UNTL dan ISC, UNDIL juga terletak di kota Dili, Timor Leste. UNDIL menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi. Tidak hanya itu, UNDIL juga menawarkan gelar pra-sarjana antara lain sertifikat, diploma, gelar asosiasi atau Yayasan dan gelar sarjana di beberapa bidang studi. UNDIL memiliki lebih banyak pilihan bidang studi dibanding beberapa perguruan tinggi lainnya. Diantaranya Seni & Humaniora, Bisnis & Ilmu Sosial, Kedokteran & Kesehatan, dan Teknik.

Nah, itulah Tiga Universitas Besar yang ada di negara tetangga kita, Timor Leste. Dari fakta di atas kita tahu bahwa Timor Leste yang merdeka lebih dari 20 tahun lalu sudah mulai mandiri dari sektor pendidikan Tinggi. Lalu, apakah kalian tertarik untuk berkuliah di Timor Leste? Kalau tertarik, dari tiga universitas di atas, kampus mana yang kalian inginkan? Yuk tulis di kolom komentar.

 

Source: https://makassar.tribunnews.com, https://en.wikipedia.org/wiki/National_University_of_East_Timor , https://www.mastersportal.com/universities/14796/dili-institute-of-technology.html

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.