Tiga Pilihan Karir Mahasiswa Ilmu Hukum Selain Hakim dan Pengacara

 

Mahasiswa ilmu hukum dilkenal sebagai seorang mahasiswa yang cakap dalam berbicara dan berdebat. Tidak hanya itu gambaran profesi hakim, jaksa, pengacara atau panitia sidang pasti sudah melekat dalam diri seorang mahasiswa jurusan Ilmu hukum. Lalu, bagaimanakah jika semua mahasiswa di Indonesia ingin menjadi dan memiliki cita-cita yang sama sedangkan jumlah mahasiswa di Indonesia sudah mencapai angka jutaan? Nah, sebenarnya, mahasiswa Ilmu Hukum bisa menjalani profesi apa saja sih? Yuk simak, siapa tau bisa menjadi referensi kelak!

  1. Staff Legal

Jika kalian tertarik dengan dunia startup tapi kalian adalah mahasiswa hokum jangan berkecil hati. Kesempatan untuk berkecimpung di dunia startup masih terbuka lebar meski kalian bukan lulusan jurusan teknik atau seseorang yang mahir mengenai coding. Kalian bisa menjadi staff legal sebuah perusahaan. Sarjana hukum punya kesempatan besar untuk bekerja sebagai staf legal karena menguasai ilmu mengenai aset perusahaan, surat perjanjian kerja dan berkas penting lainnya. Pekerjaan ini juga memberikan mereka kesempatan untuk masuk ke berbagai sektor industri lainnya lho!

  1. Dosen

Meskipun kalian seorang lulusan dari jurusan ilmu hukum, tidak menutup kesempatan kalian yang ingin mengabdi melalui jalur pendidikan. Dosen menjadi karir favorit kedua setelah semua pekerjaan yang bersinggungan dengan pengadilan. Sebab, selain menjadi dosen, kalian juga bisa menjadi seorang pakar hukum yang terfokus pada hukum tertentu misalkan hukum dagang, hukum tata negara, dan cabang hukum lainnya. Namun, untuk menjadi dosen, kalian harus melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi yaitu minimal Strata 2 (S2) untuk menjadi seorang Dosen dibidang Ilmu Hukum.

  1. Staff HRD

Jika kalian berfikir hanya seorang lulusan Psikologi yang pantas menjadi seorang HRD, eits tunggu dulu. Kalian para lulusan hukum juga memiliki kesempattan yang sama lho! Sarjana hukum yang menjadi HRD bisa ditugaskan untuk mengevaluasi kembali aturan perusahaan yang menyangkut dengan ketenagakerjaan. Seorang HRD juga bertanggung jawab terhadap keberlangsungan para pekerja dan hukum yang mengikat para pekerja. Sehingga hal ini cocok dengan apa yang kalian pelajari.

Nah, itulah tiga pekerjaan yang bisa kalian coba untuk jenjang karir sebagai seorang jurusan hukum. Tentu saja opsi tersebut akan semakin meluas dengan kemajuan teknologi dan tekad kalian dalam melatih skill mandiri kalian. Jadi, jangan pernah berkecil hati sebagai mahasiswa yang memiliki pesaing banyak, asah skill dan jadilah apa yang kalian mau dimasa depan!

 

Source: Glints.com

Jurnalis: Sibakhul Milad Malik

Editor: Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.