Tiga Ormawa UMY Raih Penghargaan IP3D

Tiga organisasi mahasiswa (Ormawa) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil meraih penghargaan dalam ajang Inovasi Program Pemberdayaan dan Pembangunan Desa (IP3D).

Ketiga ormawa UMY tersebut adalah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Agama Islam yang menjuarai harapan 1 kategori Industri Kreatif Produktif B. IMM Fakultas Ilmu Sosial dan Politik meraih juara harapan 2 kategori Industri Produktif Kreaif A. Kemudian Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Penelitian Mahasiswa yang menyabet juara harapan 2 kategori Industri Kreatif Produktif B.

Perlu kalian ketahui bahwa IP3D atau Inovasi Program Pemberdayaan & Pembangunan Desa merupakan sebuah perlombaan yang diadakan oleh Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta sebagai upaya dalam mendorong pemikiran/gagasan mahasiswa di Indonesia agar menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam membangun potensi lokal. Hal ini ditujukan guna mempercepat pembangunan desa serta menanggulangi kemiskinan di wilayahnya masing-masing melalui peningkatan produktivitas pedesaan.

Fokus pengembangan prodiktivitas pedesaan ini diwujudkan dengan gagasan ilmiah yang berfokus pada pengembangan kewirausahaan, peningkatan kualitas SDM, serta pemenuhan dan peningkatan infrastruktur pedesaan.

Ditujukannya program ini kepada mahasiswa merupakan wujud aktualisasi ormawa di kampus dalam mendorong dan ikut serta dalam proses pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pelaksanaan berbagai program pembangunan desa merupakan upaya sosial yang bertujuan mengubah seluruh aspek kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik dengan sasaran utama yaitu terciptanya kesejahteraan masyarakat.

Dengan begitu hal ini menunjukkan bahwa UMY telah berupaya untuk menciptakan kolaborasi masyarakat desa dan mahasiswa dalam menunjang pemerataan pembangunan desa, melalui keikutsertaan ormawanya dalam program tersebut. Hal tersebut juga selaras dengan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang salah satunya yaitu Pengabdian kepada Masyarakat. Melalui hal ini mimin mengajak teman-teman mahasiswa semua untuk bersama-sama berpartisipasi dalam pembangunan nasional dan pengentasan kemiskinan yang ada di sekitar kita melalui berbagai program pemberdayaan masyarakat dengan bergabung bersama gerakan pengabdian bersama ormawa.

 

Sumber          : https://lpka.umy.ac.id/ & https://kemahasiswaan.itenas.ac.id/

Jurnalis          : Alimah Nur Kasanah

Editor.           : Sakinah

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.