Tiga Hal Penting yang Wajib Dipersiapkan Ketika Mengikuti Student Exchange Program

Student Exchange Program (SEP) menjadi salah satu pencapaian prestisius ketika berkuliah di tahap universitas. Pasalnya, peraih kesempatan ini akan menjajal dan menimba ilmu lebih dalam dan luas tidak di lingkungan internal, tetapi di luar kampus asal mereka. Mereka, para peraih beasiswa SEP, akan dikirim ke berbagai universitas top dunia untuk belajar dan mengembangkan diri mereka. Nah, bagi kalian yang berkeinginan atau akan mengikuti SEP, yuk simak tiga hal penting saat mengikuti program ini.

  1. Persiapkan Mental dan Kesehatan

Karena kalian akan menjalani perkuliahan di tempat baru, maka mental dan fisik kalian harus siap dengan keadaan tersebut. Kehidupan di luar negeri tentunya berbeda dengan kehidupan di dalam negeri. Oleh karena itu, persiapkan mental kalian agar kalian tidak mengalami culture shock di negara kalian sedang belajar. Tidak hanya itu, kalian juga harus menyiapkan fisik dan kesehatan karena perbedaan tidak hanya mengenai budaya, tapi juga kondisi musim, suhu dan cuaca. Obat pribadi dan perlengkapan diri jangan sampai terlewat guys!

  1. Persiapkan Gadget dan Sarana Penunjang Kuliah

Laptop dan ponsel saat ini sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak terelakan lagi. Oleh karena itu, kalian harus siap sedia dengan laptop dan ponsel kalian dimanapun. Persiapkan kondisi laptop dan ponsel kalian dengan baik. Pastikan jika terdapat masalah segeralah servis atau ganti gadget kalian. Mumpung masih di negara kalian, kalian bebas menanyakan keluhan dan masalah gadget kalian dengan bahasa kalian. Namun, hal tersebut tidak bisa seleluasa kalian di negara kalian akan berkuliah kelak. Oleh karena itu, selalu check kondisi saran penunjang kuliah kalian ya guys!

  1. Persiapkan Kecapakan Berbahasa Asing

Bahasa berperan sentral dalam kesuksesan kalian menjalani SEP. Sebab, kalian akan bekomunikasi dan menerima materi dalam bahasa resmi yang digunakan negera tempat kalian melakukan SEP. Oleh karena itu, persiapkan kemampuan berbahasa kalian baik untuk situasi formal atau informal. Hal tersebut akan membantu kalian untuk menjalani kehidupan kalian di negera tujuan kalian.

Bagaimana guys apakah kalian sudah mempersiapkan tiga hal di atas? Jika belum segeralah dipersiapkan agar supaya kalian siap untuk menjalani proses student exchange. Jika sudah, maka teruslah berbenah dan bersiap agar program yang kalian ikuti mampu membuahkan hasil sesuai dengan yang kalian harapkan.

 

Penulis : Sibakhul Milad Malik

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *