Tiga Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Sebelum Menggarap Skripsi

Skripsi, mendengarnya saja seperti buah simalakama. Dikerjakan membuat bingung, tidak dikerjakan berarti menunda kelulusan. Sebenarnya jika dibuat lebih simple, skripsi hanya terdiri dari lima bab dengan topik yang sudah kalian pelajari selama kuliah. Namun, apakah hanya itu saja? Tentu tidak, proses yang teliti dan penuh pengorbanan harus ada di dalam pengerjaan skripsi. Dengan menjadi mahasiswa, maka kalian harus siap menghadapi tugas akhir berupa skripsi. Lalu, apa sajakah persiapan dalam menghadapi skripsi? Yuk simak tiga hal bermanfaat yang bisa dilakukan sebelum kalian menggarap skripsi.

  1. Membuka TikTok
Figure 2: TikTok Tentang Skripsi Taken From KUYOU.id

Lho, kok malah membuka media sosial? Bagaimana bisa mengerjakan skripsi? Tunggu dulu, kalian jangan cepat-cepat mengabaikan saran pertama ini. TikTok dewasa ini tidak hanya sekedar media sosial tempat berjoget-joget dan sebagainya. Namun, banyak sekali content creator yang membahas tentang skripsi. Lalu, bagaimana cara mencarinya? Gampang banget! Kalian cukup ketik di kolom pencarian “Trik Skripsi”, “Skripsi”, atau “Penelitian Skripsi” maka kalian akan melihat beberapa video bermanfaat mengenai skripsi. Terdapat penjelasan melalui video tentang apa saja yang harus dilakukan saat skripsi, dan apa saja persiapannya. Bahkan, di TikTok kalian bisa menemukan bagaimana cara melakukan penelitian dengan benar. Tidak hanya itu, mereka, para content creator juga membagikan bagaimana cara menghadapi siding skripsi. Yuk, coba sekarang!

  1. Perhatikan Sekitar
Figure 3 Observasi taken from ruangguru.com

Skripsi biasanya dilaksanakan dalam rangka menjawab beberapa pertanyaan ilmiah atau menjawab sebuah fenomena tentang mengapa fenomena tersebut terjadi. Dengan demikian, kalian dituntut menjadi lebih peka dan lebih observatif terhadap lingkungan kalian. Mulailah dari sekitar kalian, bisa teman kalian, keluarga atau lingkungan masyarakat sekitar. Misalnya, dalam sebuah lingkungan kalian melihat masyarakat ingin belajar bahasa Inggris. Nah, jika kalian mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris, maka cobalah meneliti tentang metode apa saja yang cocok, dan apa motivasi mereka mempelajari bahasa Inggris. Yuk menjadi mahasiswa yang lebih peka!

  1. Membaca
Figure 4 Membaca taken from cnnindonesia.com

Tidak bisa dihindari lagi bahwa menulis tidak bisa dilakukan jika kalian tidak membaca. “I read, therefore, I write” begitulah sekiranya. Mulailah membaca hal-hal yang berkaitan dengan skripsi kalian. Kalian mungkin bisa membaca beberapa tren penelitian akhir-akhir ini. Atau, jika kalian memiliki waktu senggang, mulailah membaca skripsi kakak tingkat kalian yang sudah lulus. Hal tersebut akan memberikan kalian gambaran bagaimana skripsi seharusnya. Utamakan membaca dalam persiapan skripsi, kalian harus membaca hal yang berkaitan dengan hal yang akan kalian jadikan topik skripsi. Sehingga, kalian akan lebih paham dan mengusai topik kalian jika nantinya disetujui oleh dosen pembimbing.

Nah, itulah tiga hal bermanfaat yang bisa kalian lakukan sebelum skripsian. Skripsi bukanlah hal yang mudah, tapi hal yang mustahil diselesaikan tepat waktu. Kuncinya adalah disiplin, dan berani berkorban. Kalian harus rela meluangkan waktu santai kalian dengan membaca, mencari ilmu, dan menulis skripsi. Semangat terus, terus semangat!

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.