Tetap Perhatikan Etika Ini Saat Kuliah Online

Pandemi Covid-19 masih menjadi trending topik yang tak ada habisnya. Berbagai usaha dilakukan pemerintah guna menekan angka penyebaran virus. Aktivitas yang sifatnya menjadi peluang penyebaran dihentikan. Hal ini juga mempengaruhi sistematika pendidikan di Indonesia. Pelaksanaan proses belajar mengajar dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi dilaksanakan via daring.

Bagi mahasiswa pelaksanaan kuliah online cukup menyulitkan. Mengingat dalam perkuliahan tidak hanya sekedar pertemuan di dalam kelas, akan tetapi adanya praktikum dan kegiatan lapangan. Hal ini menjadi alasan penyampaian materi dan sistem belajar mengajar kurang optimal. Pelaksanaan kuliah online kerap menggunakan aplikasi seperti Microsoft Teams, Zoom Metting dan lain-lain. Gangguan sinyal dan jaringan yang error pun menghantui dunia perkuliahan online.

Dengan demikian sistem perkuliahan online membuat mahasiswa terlena. Kebiasaan menyambi perkuliahan dengan aktivitas yang lain, kerap dilakukan oleh mahasiswa. Etika sebagai seorang mahasiswa dalam perkuliahan, sering terlupakan sejak kuliah online berlangsung. Etika dalam perkuliahan online tersebut meliputi :

  1. On Time

Tepat waktu adalah kebiasaan yang cukup sulit. Pelaksanaan kuliah online kerap terlambat dikarenakan kondisi jaringan dan alasan lainnya. Hal ini membuat dosen pengajar harus menunggu beberapa menit hingga kuota kelas cukup. Akibatnya, durasi dalam pelaksanaan penyampaian materi dosen berkurang. Kuliah menjadi tidak efektif.

  1. On Camera

Sistem perkuliahan online yang dilaksanakan mahasiswa di rumah masing-masing, membuat mahasiswa meremehkan perkuliahan. Seperti, mengikuti perkuliahan dengan menyambi makan, berbaring dan bersantai. Hal ini tentu mungkin saja terjadi, mengingat mahasiswa cenderung tidak mengaktifkan kamera saat perkuliahan. Padahal dosen mengajar di dalam forum dengan sistem presentasi. Tak jarang hanya dosen yang mengaktifkan kamera. Situasi tersebut memberi kesan dosen berbicara sendiri di dalam forum.

  1. Aktif di dalam Forum

Merespon dosen ketika pelaksanaan perkuliahan adalah hal yang lumrah. Sebuah kewajiban bagi mahasiswa dalam memberikan respon pada dosen. Seperti ketika dosen bertanya atau menunjuk mahasiswa. Maka setiap mahasiswa harus memberikan respon yang baik kepada dosen.

  1. Berpakaian Rapi, Sopan dan Pantas

Meskipun perkuliahan secara daring, kesiapan mahasiswa mengikuti kuliah tidak hanya berdasarkan pada hal yang dijelaskan di atas. Akan tetapi, kesiapan dalam berpenampilan adalah bagian dari tata krama perkuliahan yang harus diterapkan. Biasanya karena merasa di rumah, mahasiswa cenderung menggunakan pakaian seadanya dalam mengikuti perkuliahan. Seperti menggunakan kaos, rambut yang berantakan dan wajah yang baru bangun tidur. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan dosen yang berpenampilan formal.

Bagaimanapun meskipun perkuliahan dilaksanakan secara online, mahasiswa harus tetap memperhatikan etika dalam perkuliahan. Lalu bagaimana dengan kamu sebagai mahasiswa? Apakah kamu sudah menerapkan etika perkuliahan ketika kuliah daring?

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah/Uke

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.