Tahukah Kamu Perbedaan Antara GMAT, GRE, SAT, dan A-level?

Kalau kamu salah satu mahasiswa yang punya impian untuk berkuliah di luar negeri, kamu pasti sering membaca atau setidaknya mendengarkan hal-hal seperti GMAT, GRE, SAT, dan A-level. Secara umum, semua istilah ini mengacu pada persyaratan pendaftaran di kampus-kampus luar negeri, tapi ada perbedaan yang sangat besar loh diantara keempat tes tersebut, ayo kita bahas satu-persatu!

1. GMAT

GMAT yang memiliki kepanjangan Graduation Management Admission Test merupakan tes yang menggunakan bahasa Inggris dimana bisa digunakan sebagai acuan untuk mendaftar pascasarjana di bidang bisnis dan manajemen di Amerika Serikat. Secara umum, GMAT terdiri dari beberapa bagian yaitu analytical writing assessment, integrated reasoning, qualitative, dan verbal.

2. GRE

Jika GMAT memiliki fokus untuk tes bagi para calon mahasiswa bidang bisnis dan manajemen, GRE yang memiliki kepanjangan Graduation Rescord Examination ini merupakan sejenis standarisasi ujian untuk kuliah S2 dan S3 kampus-kampus di Amerika Serikat, GRE biasanya diguunakan untuk admission di semua jurusan kecuali bisnis dan manajemen, karena bisnis dan manajemen memakai hasil GMAT untuk standarisasi ujian masuknya. Pertanyaannya adalah, apakah semua kampus di Amerika Serikat mewajibkan para pendaftarnya untuk melakukan tes GRE atau GMAT? Jawabannya tidak, tidak semua kampus memakai standarisasi ini, yang perlu kamu lakukan adalah lakukan riset mendalam terhadap kampus tujuan kamu, dan cari tahu apa saya persyaratannya.

3. SAT

SAT atau Scholastic Aptitude Test merupakan standarisasi tes yang diadakan oleh college board, yang merupakan badan pelaksana tes masuk perguruan tinggi. SAT sendiri merupakan tes yang harus kamu ikuti jika ingin melanjutkan jenjang pendidikan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Finlandia, dan Australia. SAT terbagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah SAT General dan SAT Subject. SAT subject yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan kamu di bidang tertentu akan dihapuskan mulai 2021 ini, sehingga jika kamu ingin mendaftar luar negeri, kamu hanya perlu melakukan SAT General saja.

4. A-Level

A-level merupakan salah satu standarisasi dan kualitifkasi tes masuk S1 perguruan tinggi seluruh dunia yang paling diakui, A-level yang berbasis mata pelajaran ini merupakan tes yang wajib kamu ikuti jika ingin mendaftar S1 di hampir seluruh kampus di dunia. tes A-level yang dibagi per subject ini ini memiliki skala nilai A-level ini dimulai dari A-E, di Indonesia kamu bisa mendaftar tes A-level di British Council. Jika kamu ingin tau lebih lanjut mengenai A-level, kamu bisa mengunjungi situs British Council, dan jangan lupa baca baik-baik persyaratan pendaftaran kampus tujuan kamu ya!

Itulah secara garis besar perbedaan dan definisi dari berbagai standarisasi tes masuk perguruan tinggi luar negeri, jika kamu ingin tahu lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi beberapa situs resmi seperti College Board, British Council, dan tentu saja kampus tujuan kamu. Dengan itu, kamu bisa memilih tes yang tepat, tes yang memang diperlukan untuk masuk kampus impian kamu! Good luck!

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.