Susah Mendapatkan Surat Rekomendasi? Lima Beasiswa ini Bisa Menjadi Solusi

Dalam seleksi penerimaan beasiswa, banyak sekali administrasi yang harus dipersiapkan, mulai dari Essay, sertifikat bahasa, LoA, dan surat rekomendasi atau recommendation letter. Banyak sekali para scholarship hunters yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan surat rekomenasi, seperti dosen atau atasan yang sulit dihubungi, deadline submit berkas sudah dekat, atau tidak punya dosen atau atasan yang bersedia memberikan rekomendasi. Hal ini bisa menjadi kegagalan para pendaftar beasiswa, karena hampir seluruh beasiswa mewajibkan pendaftar untuk menyertakan surat rekomendasi.

Bagi kamu yang tidak bisa mendapatkan surat rekomendasi, jangan berkecil hati, beberapa beasiswa ini bisa menjadi solusi karena daftar-daftar beasiswa di bawah ini tidak mewajibkan pendaftarnya untuk menyertakan surat rekomenasi. Berikut daftarnya:

1. Australian Awards

Siapa yang tidak mau melanjutkan studi ke negara Kanguru ini? Banyak sekali para pejuang beasiswa yang menetapkan negara Australia sebagai negara tujuan mereka untuk melanjutkan kuliah. Negara ini dipenuhi oleh Universitas-universitas kelas dunia seperti The Australian National University, The University of Melbourne, The University of Sydney, dan University of Queensland yang semuanya masuk dalam top 50 universitas terbaik dunia versi QS World University Ranking 2022. Untuk bisa mewujudkan mimpi kamu untuk berangkat dan belajar di Australia, kamu bisa mendaftar beasiswa Australia Awards dan kamu tidak perlu menyertakan surat rekomendasi.

2. Romanian Government Scholarship

Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa menebak siapa pemberi beasiswa ini. Yap beasiswa ini adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Rumania melalui Kementerian Luar Negeri. Beasiswa ini tidak memerlukan surat rekomendasi di dalam prosesnya. Dengan beasiswa ini, kamu bisa melanjutkan studi di Universitas bergengsi seperti University of Bucharest dan Universitatea de Vest din Timisoara.

3. EBF Scholarship

EBF Schorship atau Eric Bleumink Fund Scholarship merupakan beasiswa yang bisa mewujudkan mimpi kamu untuk kuliah di Eropa, terkhusus di University of Groningen, Belanda. EBF Scholarsip ini tidak mengharuskan kamu melampirkan surat rekomendasi ketika mendaftar.

4. Stipendum Hungaricum

Selain menetapkan syarat IELTS di bawah 6.5, beasiswa di Hungaria ini juga membebaskan para pendaftarnya dari persyaratan surat rekomendasi. Untuk golongan beasiswa penuh, Stipendum Hingaricum cukup memberikan banyak kemudahan dalam persyaratan administrasinya.

5. Russian Government Scholarship

Beasiswa yang disediakan pemerintah Rusia ini memberikan banyak sekali kemudahan, salah satunya adalah meniadakan persyaratan surat rekomendasi. Bagi kamu yang berminat melanjutkan studi di Rusia, beasiswa ini bisa menjadi opsi.

Itulah beberapa beasiswa yang tidak mengharusnkan pelamarnya memiliki surat rekomendasi. Mungkin masih banyak beasiswa lain yang juga menerapkan hal serupa. Jika kamu ingin mengetahui secara rinci perihal persyaratan, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi beasiswa target kamu, karena setiap beasiswa pasti mempunyai situs resmi dimana mereka menulis secara jelas alur dan persyaratan seleksinya.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.