Sudah Pernah Dengar Jurusan Teknologi Batik? Hanya Ada Satu di Indonesia!

Mendengar kata “Batik” pasti yang terlintas di kepala kita adalah proses mewarnai, mencelup dan memotong bahan sampai menjadi sebuah pakaian yang bagus dengan berbagai motif yang menarik. Kelestarian batik dan coraknya terus berkembang, bahkan saat COVID-19 terdapat motif batik corona. Namun, tahukah kalian bahwa di Indonesia terdapat jurusan yang berfokus meneliti, mengembangkan dan mengekplorasi tentang batik.

Hanya ada satu di Indonesia, Universitas Pekalongan (Unikal) didapuk menjadi satu-satunya universitas dengan program jurusan Teknologi Batik di Indonesia.  Fakultas Batik UNIKAL memiliki kurikulum Program Studi Diploma III Teknologi Batik yang dikembangkan berdasarkan pada SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 232/U/2000 dan Undang-Undang nomor : 20 tahun 2003. Tidak hanya itu, fasilitas yang disediakan oleh UNIKAL juga tidak sembarangan, dilansir dari web resmi fakultas batik UNIKAL beberapa fasilitas tersebut anatara lain:

  1. Workshop Batik
  2. Studi Gallery Batik
  3. Laboratorium Kimia Batik
  4. Laboratorium Riset Pewarnaan Alam
  5. Laboratorium Pengolahan Limbah batik
  6. Studio Desain Batik
  7. Gedung Kuliah 4 lantai full AC dan Multimedia
  8. Lahan Tanaman Pewarna Alam

Terdapat juga beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Program ini juga kerap melakukan pengabdian masyarakat dan mengadakan beberapa kegiatan tingkat nasional dan internasional yang tentunya bersinggungan dengan batik seperti lomba desain batik, bincang batik, workshop tentang batik.

Bagaimana? Tertarik mendalami salah satu warisan dunia milik Indonesia ini? Info selengkapnya kalian bisa kunjungi di laman resminya di https://teknologibatik.unikal.ac.id/

 

Sumber foto : Doc. Unikal.ac.id

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.