Strategi Lulus dengan Predikat Cumlaude

Predikat Cumlaude seringkali menjadi predikat yang diidam-idamkan banyak mahasiswa. Bagaimana tidak, predikat Cumlaude ini bisa dikatakan sebagai predikat yang susah-susah-gampang untuk diraih.

Gelar Cumlaude biasanya diberikan sesuai dengan predikat yang diraih oleh mahasiswa saat kuliah. Pada umumnya predikat Cumlaude diberikan kepada mahasiswa dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) antara lain lebih dari 3,51 dari skala 1,0 – 4,0. Pada Sebagian besar perguruan tinggi memberikan gelar cumlaude hanya kepada mahasiswa yang lulus tidak lebih dari 4 tahun atau tepat waktu. Jika lebih lama masa studinya walaupun IPK di atas 3,51, maka akan gagal untuk mendapatkan gelar tersebut.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa dengan mudah mendapatkan predikat Cumlaude ini?

Ada beberapa strategi yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan IPK cumlaude, dan perlu dipersiapkan sejak semester pertama. Yuk perhatikan strategi berikut ini :

Pertama, maksimalkan nilai IPK pada semester pertama

Semester pertama dalam perkuliahan dapat menjadi langkah yang bagus dalam memperlancar perkuliahan kita. Optimalkan kesempatan ini untuk mendapatkan IPK yang tinggi agar bisa mempermudahmu dalam mendapatkan IPK cumlaude, karena terkadang di semester pertama ini tugas-tugas yang diberikan kepada mahasiswa belum sebanyak semester-semester berikutnya.

Kedua, pahami dengan baik persentase penilaian

Setiap mata kuliah yang diajarkan di perguruan tinggi memiliki persentase penilaian yang dijadikan acuan dalam memberikan nilai kepada setiap mahasiswa. Seperti persentase antara tugas kuliah, keaktifan di kelas, kehadiran di kelas dan lainnya. Penilaian persentase ini akan berpengaruh dengan hasil IPK di semester akhir.

Ketiga, aktif masuk kelas dan di dalam kelas

Kedisipilinan merupakan satu hal yang menunjang mahasiswa untuk mendapatkan nilai cumlaude. Hal tersebut ditunjukkan dengan kehadiran masuk kelas dan mengikuti berbagai aktivitas perkuliahan. Penilaian setiap dosen berbeda-beda terhadap mahasiswanya, terutama terkait dengan kedisiplinan mahasiswa. Keaktifan di dalam kelas juga akan dapat memberikan poin penilaian softskill mahasiswa. Semakin kamu aktif di dalam kelas, maka semakin bagus juga nilai yang akan didapatkan.

Keempat, disiplin dalam mengerjakan tugas

Saat kamu berada di dunia perkuliahan kamu akan dihadapkan dengan berbagai tugas dari berbagai mata kuliah. Kamu akan sangat disibukan dengan tugas yang diberikan oleh para dosen. Dalam hal ini kamu harus bisa mengasah keterampilan manajemen waktu antara kehadiran kuliah beserta tugasnya dan aktifitas-aktifitas di luar jam kuliah lainnya seperti organisasi. Tugas kuliah akan sangat berpengaruh terhadap IPK, jika kamu melewatkan satu tugas kuliah akan dapat mengakibatkan nilai mata kuliah tersebut TL (Tidak Lengkap) sehingga kamu harus memperbaikinnya di akhir semester atau pada semester depannya.

Kelima, memilih lingkungan yang positif

Memilih lingkungan yang positif saat kuliah akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan belajar kamu. Dengan memilih teman yang rajin dan suka berdiskusi maka akan membuat kamu lebih interaktif dalam dunia perkuliahan. Berbagai pengaruh positif dan negatif di dunia kampus sangatlah banyak sehingga dalam hal tersebut kamu harus bisa memilah dan memilih lingkungan tempat kamu berkembang.

Nah itu dia beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk mendapatkan predikat cumluade. Selamat mencoba.

 

Sumber : https://sevima.com/

Jurnalis : Alimah Nur Kasanah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.