Profesi Hits Social Media Specialist

Selama berlangsungnya pandemi COVID-19 ternyata ada satu bidang pekerjaan atau profesi yang mulai dilirik oleh masyarakat yaitu Digital Marketing dalam hal ini Social Media Specialist. Sebenarnya apa saja tugas dari peselancar dunia maya ini?

Social Media Specialist atau kadang juga disebut sebagai Social Media Officer adalah orang yang bertanggung jawab atas terciptanya konten kreatif dan menarik di plafform media sosial sehingga dapat menciptakan brand awareness dan mendorong angka penjualan produk/jasa yang mereka tawarkan. Hebatnya lagi, mereka tidak hanya menciptakan 1 konten saja namun mereka harus membuat konten yang relevan dengan berbaagai macam media sosial, karena pada dasarnya setiap media sosial mempunya standar konten yang berbeda-beda.

Selain harus memiliki skill yang memadai tentang creative thinking, sebagai seorang SMS/SMO mereka juga dituntut untuk terus melakukan riset pasar dan mengamati perubahan tren. Tidak hanya itu, mereka juga harus bisa menggunakan tools digital marketing seperti Google Analytic, Facebook Insight, mengelola post media sosial dengan volume tinggi, berinteraksi dengan followers, hingga menyusun laporan tentang grafik social media perminggu hingga perbulan.

Bisa dibilang bahwa SMS/SMO merupakan tombak perusahaan khususnya bagi sebuah agensi, peran mereka sangat besar untuk menentukan kesuksesan pemasaran melalui digital platform, dan digital marketing strategy. Ruang lingkup mereka juga luas, tidak hanya untuk online shop saja tapi untuk corporate, lembaga pendidikan, pun untuk lembaga pemerintahan.

Syarat utama untuk bisa menjadi SMS/SMO pada dasarnya hanya satu, yaitu digital savy. Apakah kamu salah satu dari mereka?

 

Penulis : Idhea Cantika

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.