SKY University, Asosiasi Universitas Prestisius di Korea Selatan

Korea Selatan terkenal dengan kualitas dan lingkungan pendidikan yang berkelas. Negara beribukota Seoul ini memiliki asosiasi universitas prestisius bernama SKY University, akronim dari Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University. SKY University menjadi perguruan tinggi dengan kualitas pendidikan yang tinggi, tingkat persaingan antar mahasiswa yang ketat, dan kemudahan mendapatkan pekerjaan bergengsi. Tak ayal, banyak pelajar di negeri ginseng yang berusaha sekuat tenaga mempersiapkan diri untuk bisa menjadi mahasiswa di kampus kebanggaan warga Korea. SKY University juga diminati calon mahasiswa internasional, termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, dan lainnya. Berikut ulasan dari tiap kampus di SKY University.

Sumber : Kumparan.com

 

  1. Seoul National University

Seoul National University atau SNU merupakan perguruan tinggi yang berada di peringkat ke-9 sebagai universitas terbaik se-Asia sekaligus peringkat ke-60 sebagai universitas terbaik di dunia pada tahun 2020 menurut THE World University Rangkings. Bahkan, SNU masuk ke dalam Asian Ivy League atau lima universitas ternama di Asia versi Forbes. Universitas ini memiliki tingkat persaingan masuk yang ketat, dimana hanya 2,5% pelajar yang diterima dari ribuan pelajar yang mendaftar.

SNU memiliki beragam program studi di setiap jenjang. Ada 15 fakultas yang terbagi menjadi 93 program sarjana, 106 program master, dan 14 program doctoral. Jurusan Modern Languange, Pharmacy and Pharmacology, Architecture, dan Chemical Engineering menjadi empat jurusan unggulan SNU menurut QS University Subject Rangkings. Mahasiswa jurusan bisnis SNU  bisa mendapatkan dual master’s degree, karena kampus ini bekerjasama dengan Sekolah Manajemen MIT dan Yale University. SNU pun memiliki tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya, ada 1.558 profesor, 406 asosiasi professor, dan 3.569 profesor lainnya. SNU menerima 31.378 mahasiswa dengan kuota 342 mahasiswa internasional. Informasi lebih lengkap mengenai SNU dapat dilihat di https://www.useoul.edu/

  1. Korea University

Korea University merupakan salah satu universitas tertua di Korea Selatan yang telah berdiri sejak tahun 1905. Universitas terbaik kedua di Korea ini menempati peringkat ke-11 di Asia dan posisi ke-69 di dunia menurut QS World University Rangking 2021. Korea University menampung 36.676 siswa dengan pembagian 2.154 mahasiswa internasional  dan 34.522 mahasiswa asal Korea.

Universitas yang memiliki dua lokasi kampus ini menawarkan beberapa program sarjana dan pascasarjana dalam bahasa Inggris, seperti Ilmu Matematika dan Seni. Selain itu, universitas ini juga bermitra dengan beberapa lembaga pendidikan internasional untuk berkolaborasi dan meningkatkan mutu pendidikan di Korea Selatan. Korea University menjadi bagian dari beberapa organisasi internasional diantaranya U21, APRU (Association of Pacific Rim Universities), ICUBE ( International Consortium of Universities for the Study of Biodiversity & Environtment), APAIE (Asia-Pacific Association for International Education), dan VIU (Venice International University). Korea University telah bekerjasama dengan sekitar 500 perusahaan dan industri di Korea Selatan. Sehingga para alumni dari kampus mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan bidangnya. Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi http://www.korea.edu/ .

  1. Yonsei University

Yonsei University merupakan universitas tertua di Korea Selatan yang dibangun sejak 1885. Adapun kepanjangan dari Yonsei University adalah Yonhi College (Yon) dan Severance Union Medical College (Sei). Yonsei University menerima mahasiswa sebanyak 7.758 orang dengan kuota 624 mahasiswa internasional. Adapun tenaga pengajar yang bekerja di Yonsei University sebanyak 5.782 orang. Tak heran jika Yonsei University bisa menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas pendidikan berkelas dunia.

Kampus ini memiliki 19 fakultas dengan beragam program studi untuk jenjang sarjana, magister, dan doktoral. Kampus yang telah berusia 136 tahun ini juga menyediakan kelas malam untuk beberapa fakultas tertentu. Selain itu, Yonsei University menyediakan beberapa program non degree, seperti Office of International Affairs (OIA), Yonsei International Summer School (YISS), Winter Abroad at Yonsei (WAY), Korea Language Institute (KLI) dan Sangnam Insttitute of Management. Yonsei University menyediakan kelas yang menggunakan Bahasa Korea dan Bahasa Inggris untuk mempermudah mahasiswa internasional. Silakan kunjungi www.yonsei.ac.kr/ untuk mengetahui informasi lebih detail. (ind)

 

Source: osc.medcom.id

Penulis : Indri Fahra

Editor : Sakinah

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.