Skill yang Perlu Dimiliki Seorang Marketing

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar seseorang yang bekerja sebagai marketing? Kamu remehkan? Atau kamu apresisasi?

Tidak bisa dipungkiri bahwa stigma yang menyebar di masyarakat mengenai profesi ini tidak begitu baik, karena profesi ini sangat berhubungan erat dengan sales yang kerjaannya hanya menawarkan produk/jasa tertentu. Kemudian, tidak jarang juga profesi marketing dijadikan sebagai candaan seperti “otak-otak marketing”.

Padahal, jika kita menilik lebih dalam profesi sales dan marketing tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa skill yang kamu perlukan untuk menunjang kesuksesanmu dalam menjalani bidang profesi ini. Berikut beberapa skill yang harus kalian miliki.

1. Communication Skills

Sebagai seorang marketing kamu harus dan wajib mempunyai kemampuan ini. Dalam menjalankan pekerjaan ini nanti, kamu dituntut untuk bisa menyampaikan rencana, strategi, ide, maupun pendapat kamu untuk kemajuan produk/jasa tempat perusahaan kamu bekerja.

2. Interpersonal skills

Interpersonal skill adalah bagaimana kamu berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain. Untuk hal ini tentu saja menyangkut dengan bagaimana kamu berkomunikasi dengan tim, atasan, atau rekan kerja yang ada di perusahaan. Jika kamu menemukan orang yang kurang bisa menghargai teman/timnya sendiri ini menandakan bahwa dia memiliki kemampuan interpersonal yang buruk dan tentunya akan merugikan dirinya sendiri. Jangan sampai kamu seperti itu.

3. Creative Thinking

Skill ini juga harus kamu miliki, karena seorang marketing dituntut untuk bisa berpikir tentang rencana, strategi, dan ide-ide baru untuk mengembangkan produk/jasa perusahaan. Kamu bisa mengasah kreatifitasmu dengan memperbanyak membaca referensi, seperti buku atau jurnal dan artikel yang relevan. Semakin banyak referensimu niscaya kemampuan kreatifitas kamu akan meningkat.

4. Problem Solving

Selain ketiga skill di atas, problem solving juga skill yang harus kamu miliki sebagai marketing. Akan ada situasi atau permasalahan yang muncul secara tiba-tiba atau strategi yang sudah kamu susun sedekimian rupa tidak berjalan sesuai rencana. Tentu saja kamu harus bergerak cepat untuk menangani permasalahan tersebut. Tentunya, melalui pertimbangan-pertimbangan yang ada di kantor maupun di lapangan. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa semakin banyak masalah pekerjaan yang menimpa kamu, maka kamu akan semakin mahir dalam mengatasi berbagai masalah.

Jika kamu tertarik dengan bidang pekerjaan ini coba kamu cek lagi apakah kamu sudah mempunyai skill-skill di atas? Kalau belum, atau mungkin ada skill yang kurang kamu kuasai, kamu bisa mulai berlatih, belajar, dan menambah referensi kamu ya, semangat!

 

Penulis : Idhea Cantika

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.