Siswa Kelas 12 Bersiaplah, Pengumuman SNMPTN 2021 Dirilis Hari Ini!

Hari ini hasil dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan diumumkan pada jam 15.00. Disadur dari Liputan6.com bahwa Peserta yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021, tercatat mencapai 101.459 orang.

Pendaftaraan yang dibuka mulai pada tanggal 15 Februari sampai 24 Februari diikuti siswa kelas 12 dari berbagai sekolah menengah atas maupun kejuruan di Indonesia. Tidak semuanya siswa kelas 12 bisa mengikuti SNMPTN, ada beberapa ketentuan untuk bisa ikut seleksi jalur nilai rapor ini, siswa kelas 12 harus dinyatakan “memenuhi syarat” oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap di Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sehingga mereka bisa mendapatkan akun dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang selanjutnya mereka bisa memilih universitas dan jurusan yang mereka inginkan.

Untuk mengetahui hasil dari SNMPTN 2021 kali ini, peserta bisa mengaksesnya di laman utama LTMPT yaitu https://portal.ltmpt.ac.id/ dengan memasukan nomor pendaftaraan dan tanggal lahir. Untuk menghindari server down pada pengumuman SNMPTN kali ini, beberapa mirror link juga disediakan oleh beberapa universitas-universitas seperti dari UGM, ITB, UNY dan yang lainnya. Diharapkan para peserta yang mengalami kesulitan dalam mengakses server utama, bisa mengakses melalui mirror link yang sudah disediakan. Hal tersebut tertera dalam Surat Edaran LTMPT nomor 5 tahun 2021 bahwa “Pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 melalui laman LTMPT di https://pengumumansnmptn.ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN”

Dalam laman Instagram resmi LTMPT juga menambahkan bahwa, para peserta diharapkan memiliki koneksi yang stabil dalam membuka pengumuman dikarenakan jumlah dari pengakses website akan membludak di saat yang bersamaan. “Pastikan koneksi kalian stabil ya,” tambah LTMPT dalam postingan instagramnya (21/03) lalu.

Bagi peserta yang lolos, maka mereka bisa meneruskan administrasi pendaftaraan sesuai ketentuan yang disyaratkan oleh universitas terpilih. Namun, bagi peserta yang belum lolos, masih ada harapan lain yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang pendaftaraanya sudah dibuka sejak 15 Maret sampai 1 April 2021. Di sisi lain, beberapa Universitas swasta dengan cap kualifikasi mentereng juga masih membuka pendaftaraanya seperti Unversitas Muhammadiyah Yogyakarta yang masuk dalam Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di DIY dan Jateng versi webometric bisa menjadi salah satu pilihan untuk menimba ilmu di tingkat perguruan tinggi.

 

Reporter : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.