Sering Kesulitan Mencari Referensi Skripsi? 5 Situs ini Solusinya

Kendala menjadi mahasiswa akhir dalam mengerjakan tugas akhir atau skripsi kerap terjadi karena mengalami kesulitan mencari referensi-referensi yang tepat untuk menjadi rujukan penulisan skripsi. Bagi kamu yang sering mengalami kesulitan mencari referensi untuk tugas akhir, berikut 5 situs yang patut kamu coba buat solusi dalam pencarian referensi skripsi:

1.     Google Schoolar

Google Schoolar atau biasa disebut sebagai Google Akademia merupakan situs dari Google berupa kumpulan-kumpulan referensi penelitian-penelitian baik berupa jurnal, proceeding, dan ada juga skripsi atau tesis yang tersedia dalam situs tersebut.

Google Schoolar ini cocok banget buat kamu dan situs ini cukup familiar dan mudah diakses bagi kamu yang sedang cari-cari referensi penelitian yang sama dengan judul penelitianmu. Cara aksesnya gampang banget, cukup ketik via browser www.googleschoolar.com dan ketik kata kunci yang sesuai dengan penelitianmu. Situs ini juga tersedia beberapa topik penelitian dari beberapa negara dan bahasa, jadi itu juga mempermudah wawasan kamu untuk menulis artikel tugas akhir.

2.     Akademia.edu

Academia.edu merupakan situs jejaring sosial bagi akademisi. Platform ini dapat digunakan untuk berbagi dokumen, memantau dampaknya,dan mengikuti penelitian dalam bidang tertentu. Situs ini merupakan situs familiar kedua setelah google schoolar untuk mencari artikel penelitian.

Melalui situs ini, kamu bisa memanfaatkan akses penelitian-penelitian yang sesuai dengan topik penelitianmu dengan cara ketik kata kunci penelitianmu dan unduh artikel tersebut. Cara mengakses artikel di academia.edu harus mendaftar via email yang terdaftar, jika sudah menemukan artikel referensi yang kamu cari dan unduh artikel tersebut. Kemudahan lainnya yang bisa diakses melalui situs academia.edu, rekomendasi-rekomendasi artikel referensi sesuai dengan pencarian yang kamu ketik di situs tersebut, membantu sekali bukan?

3.     Research Gate

Research Gate merupakan sebuah situs web jejaring sosial gratis dan alat kolaborasi bagi para akademisi dari segala jenis disiplin keilmuan. Adanya situs ini menyediakan berbagai aplikasi web termasuk pencarian semantik, berbagi file, berbagi database publikasi, forum, diskusi metodologi, grup, dan berbagai aplikasi lainnya.

Situs ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang sedang mencari beberapa artikel ilmiah yang akan dijadikan rujukan topik penelitian. Situs research gate persis seperti pada situs academia.edu yang berisi tentang kumpulan-kumpulan artikel penelitian para akademisi dan mudah diakses melalui unduhan sesuai kata kunci artikel yang kamu cari. Jadi kamu tidak sulit lagi mencari artikel referensi buat skripsi kamu.

4.     Directory of Open Access Journals (DOAJ)

DOAJ merupakan direktori online yang dikuratori oleh komunitas yang mengindeks dan menyediakan akses ke jurnal terbuka berkualitas tinggi. Semua layanan yang tersedia di DOAJ dapat diakses secara online dan gratis. Melalui situs ini kamu dapat menemukan berbagai macam referensi jurnal dari seluruh dunia.

Cara mengakses situs ini pun cukup mudah, pertama kamu ketik di halaman pencarianmu dengan menulis alamat: https://doaj.org/, setelah itu ketik kata kunci pada menu pencarian. Jika menginginkan hasil pencarian hanya muncul “jurnal” saja, maka hilangkan tanda centang pada pilihan “articles”. Ketika sudah menemukan artikel jurnal yang dibutuhkan, bisa diunduh di bagian ‘full text’ dan klik PDF secara otomatis unduhan artikel jurnal bisa kamu akses, mudah sekali kan?!.

5.     PERPUSNAS

Kalau kamu sedang cari referensi tidak cukup hanya jurnal, Perpustakaan Nasional Republik Indonesa (Perpusnas) memiliki situs yang dapat kamu kunjungi untuk mencari jurnal bahkan buku-buku yang tersedia dengan format E-Book. Situs ini disebut digital library yang menyediakan banyak jurnal dan buku yang dapat kamu akses secara online.

Caranya mudah untuk dapat mengakses digital library Perpusnas, kamu hanya perlu melakukan registrasi terlebih dahulu sebagai member Perpusnas.

Nah, dari lima situs pencarian referensi ini cocok buat kamu yang sedang mengerjakan tugas akhir. Selain mudah diakses, artikel yang didapat juga gratis. Tidak kesulitan lagi kan untuk mengerjakan tugas akhir?!

 

Penulis : Sofia Hasna

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.