Selamat! UMY Duduki Peringkat 3 Besar PTS Terbaik

Yogyakarta – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia loh! Dikutip dari https://webometrics.info/ pada juli 2022 menyebutkan universitas yang berletak di Bantul, Yogyakarta yang telah memiliki ratusan ribu alumni ini menduduki peringkat 16 di Indonesia. Sementara pada peringkat 9 diduduki oleh Telkom University dan di peringkat 11 adalah Universitas Bina Nusantara. Dengan begitu, UMY berada di posisi ke-3 sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia.

Untuk mendapatkan peringkat tersebut pastilah diraih dengan perjuangan dan usaha keras serta kerjasama anatara civitas akademika, alumni, juga segenap mahasiswa-mahasiswinya. Nah, tahukah kamu mengapa UMY bisa menduduki 3 besar sebagi universitas swasta terbaik di Indonesia? Ini dia kelebihan-kelebihan yang dimiliki UMY;

  1. Fasilitas yang memadai

UMY dikenal dengan beragam fasilitas yang sangat memadai yang dapat mensupport mahasiswanya dalam berkembang mengasah skill kemampuan mereka. Fasilitas yang dimiliki UMY diantaranya adalah; unit perpustakaan, unit pengembangan mahasiswa, American/Muhammadiyah/Taiwan/Bangladesh corner/Warung Prancis, Gym dam juga masih banyak lagi loh fasilitas yang UMY sediakan untuk para mahasiswanya.

  1. Pengajar yang berkompeten

Selain fasilitasnya, UMY juga memiliki puluhan guru besar yang menguasai bidangnya dan juga beberapa dosen lulusan kampus luas negeri diantarnya seperti; University of Nottingham, Oklahoma University, Ohio University, Indiana University of Pennsylvania, Edith Cowan University, Monash University, University of South, Flinders University, Kyushu University, dan masih banyak lagi.

  1. Track Record Alumni

Sudah tidak diragukan lagi jika lulusan UMY banyak sekali yang sudah berkiprah di tengah-tengah masyarakat, baik di bidang akademik, sosial, hingga menduduki jabatan di pemerintahan. Salah satunya adalah Lalu Muhammad Iqbal sebagai Duta Besar RI untuk Turki yang merupakan alumni HI UMY angkatan 1991 dan merupakan lulusan HI UMY pertama yang masuk ke Kemenlu (1998).

  1. Berkiprah dalam Pengadian Masyarakat

Para dosen dan mahasiswa UMY juga aktif dalam pengabdian masyarakat yang membawa dampak positif kepada masyarakat di wilayah Yogyakarta dan juga luar Yogyakarta. Hal ini dikarenakan UMY sangat supportif dan memberikan dorongan yang massif kepada seluruh civitas akademika, baik dosen, staf, maupun mahasiswa dan mahasiswinya.

  1. Berkerjasama dengan Kampus Luas Negri

Berbicara tentang kerjasama, UMY kerap kali bekerja sama dengan berbagai macam instansi yang ada di Indonesia ataupun di luar negeri. Salah satunya adalah UMY memiliki kerja sama dengan beberapa kampus di luar negeri diantaranya seperti; Universities of Asia and the Pacific (AUAP), Singapore Polytechnic, Universiti Kebangsaan Malaysia, Chang Gung University, Asia University, Sun Moon University, Youngsan University dan masih banyak lainnya.

Nah itu 5 point yang menjadi support untuk UMY bisa menduduki peringkat 16 di Indonesia dan juga peringkat 3 besar kategori PTS yang ada di Indonesia. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menjadi bagian dari UMY?

 

Sumber          : Instagram @umyogya

Jurnalis          : Alimah Nur Kasanah

Editor             : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.