Selain LPDP, Ini Dia Daftar Beasiswa Fully Funded Untuk Studi di Amerika Serikat

Berbicara tentang daftar universitas terbaik, jejeran universitas yang ada di Amerika Serikat selalu berhasil menempati urutan-urutan pertama, sebut saja Harvard University, Stanford University, Columbia University dan beberapa universitas prestisius lainnya. Kualitas pendidikan yang sudah pasti terjamin dan tidak perlu diragukan lagi membuat para mahasiswa berlomba-lomba untuk melanjutkan studi ke negeri Paman Sam tersebut. Namun, mengingat Amerika Serikat merupakan salah satu negara dengan biaya hidup yang sangat mahal, membuat para mahasiswa harus melanjutkan studi mereka dengan beasiswa penuh.

Seperti yang kita tahu, beasiswa fully funded yang paling terkenal dan memiliki banyak peminat adalah beasiswa dari pemerintah Indonesia yaitu Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau lebih dikenal dengan LPDP. Ketika para pemburu beasiswa ingin melanjutkan studinya, terutama ke luar negeri, beasiswa yang sudah pasti menjadi incaran adalah LPDP karena lengkapnya fasilitas yang disediakan kepada para penerima. Namun ternyata, masih banyak loh beasiswa fully funded lainnya yang patut dicoba, daftar beasiswa ini juga memberikan fasilitas hampir serupa dan tentunya bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke universitas di Amerika Serikat. Berikut daftarnya:

  1. Fulbright Scholarship 
Sumber: aminef.or.id

Beasiswa pertama yang sudah pasti masuk dalam daftar adalah beasiswa Fulbright dari American Indonesian Exchange Foundation atau biasa disingkat dengan AMINEF. Lembaga ini menyediakan banyak sekali program belajar ke Amerika Serikat diantaranya Community College Initiative Program, Fulbright Language Teaching Assistant, Undergraduate Exchange Program, dan tentu saja Fulbright for master’s degree (S2) dan Fulbright for Doctoral Degree (S3). Beasiswa Fulbright ini berlaku baik untuk kamu yang ingin melanjutkan studi jenjang S2 maupun S3 di seluruh universitas yang ada di Amerika Serikat. Syarat umum dari beasiswa ini adalah pendaftar harus sudah menyelesaikan pendidikan sebelumnya, seperti sudah mempunyai ijazah S1 bagi pelamar beasiswa S2, mempunyai ijazah S2 bagi pelamar S3, mempunyai IPK minimal 3.00 dari skala 4.00, dan mempunyai skor TOEFL minimal 550. Untuk informasi lebih lengkap mengenai alur dan persyaratan seleksi beasiswa ini, kamu bisa mengunjungi situs resmi AMINEF di aminef.or.id.

  1. Asian Development Bank – Japan Scholarship Program 
Sumber: Youthop.com

Beasiswa selanjutnya yang juga menyediakan fasilitas fully funded kepada para penerimanya adalah Asian Development Bank – Japan Scholarship Program. Program beasiswa ini merupakan inisiasi kerjasama antara Asian Development Bank dengan Japan Scholarship Program untuk membantu mahasiswa yang memiliki potensi akademik di negara-negara yang terdaftar di dalam Asian Development Bank, salah satunya adalah Indonesia. Beasiswa yang biasa disingkat ADB-JSP ini merupakan beasiswa fully funded yang yang membebaskan penerimanya untuk melanjutkan studi di beberapa negara partner seperti China, India, Hawai, Australia, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya.

Jadi kalau kamu menetapkan untuk melanjutkan studi di Amerika Serikat, beasiswa ini bisa menjadi solusi karena Amerika Serikat termasuk dalam daftar negara tujuan yang bisa dipilih oleh para penerima beasiswa. Namun yang perlu diketahui adalah, beasiswa ini memerlukan pengalaman kerja sebagai salah satu persyaratan. Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh mengenai informasi beasiswa ini, kamu bisa mengunjungi website resmi yang dimiliki Asian Development Bank – Japan Scholarship Program di https://www.adb.org/work-with-us/careers/japan-scholarship-program/institutions.

  1. Joint Japan World Bank Graduate Scholarship
Sumber: scholarship-bank.com

Beasiswa selanjutnya yang masuk dalam daftar adalah Joint Japan World Bank Graduate Scholarship, beasiswa yang disediakan oleh bank dunia kepada para pelajar dan peneliti yang berpotensi akademik baik dan berasal dari beberapa negara berkembang, salah satunya adalah Indonesia. Beasiswa ini menawarkan studi dengan bantuan penuh di beberapa negara, dan salah satunya adalah Amerika Serikat. Sama seperti Asian Development Bank – Japan Scholarship Program, beasiswa Joint Japan World Bank Graduate Scholarship ini juga mengharuskan pelamarnya untuk memiliki pengalaman kerja dan juga hanya bisa mendaftar di beberapa kampus yang sudah masuk daftar universitas yang ditentukan oleh World Bank. Masih banyak informasi lainnya mengenai beasiswa ini, jika kamu tertarik untuk mendaftar di proses seleksi tahun berikutnya, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi Joint Japan World Bank Graduate Scholarship di https://www.worldbank.org/en/programs/scholarships agar bisa segera menyiapkan berkas-berkas dan persyaratan yang ditentukan oleh pihak penyedia beasiswa.

  1. Knight-Hennessy Scholars of Stanford University
Sumber: scholarsofficial.com

Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa menebak siapa penyedia beasiswa dan dimana beasiswa ini tersedia. Yap! Beasiswa Knight-Hennessy Scholars of Stanford University ini merupakan beasiswa yang diberikan langsung oleh pihak Stanford University kepada mahasiswa-mahasiswa yang memiliki potensi akademik yang unggul. Beasiswa ini terbuka bagi jenjang S2 maupun S3. Kabar kurang baiknya, beasiswa ini hanya menerima 90 kursi setiap tahunnya, bayangkan saja 90 kursi itu nantinya pasti diperebutkan oleh seluruh mahasiswa dari berbagai belahan dunia. Namun jika kamu yakin bisa bersaing dengan kandidat lainnya, kamu bisa mengunjungi langsung website Stanford University, tepatnya di https://knight-hennessy.stanford.edu/. Di situs itu sudah dijelaskan secara lengkap tentang kandidat seperti apa yang berhak menjadi satu diantara 90 kursi di universitas paling prestisius di dunia tersebut.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.