Selain Guru, Ini Dia Prospek Karir Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris

Lulusan pendidikan selalu dikaitkan dengan profesi guru, stereotype ini bahkan masih mendarah daging hingga sekarang sehingga banyak mahasiswa pendidikan yang terpaku pada satu jalur karir, yaitu menjadi guru. Salah satu jurusan pendidikan yang mengalami stereotype yang sama adalah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, jurusan ini kerap kali dianggap hanya mencetak lulusan yang nantinya akan menjadi pendidik seperti guru atau dosen. Padahal pada kenyataannya, jurusan yang satu ini memiliki prospek karir yang begitu luas. Yuk, bahas apa saja jalur karir yang nantinya bisa ditempuh oleh lulusan Pendidikan Bahasa Inggris:

 

  1. Translator dan Interpreter

Sumber: careertoolbelt.com

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang sangat dibutuhkan dimanapun dan kapanpun, maka dari itu lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang notabene tinggal di negara dimana bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa asing akan sangat dibutuhkan. Pekerjaan sebagai translator dan interpreter pasti sangat dibutuhkan.

Banyak sekali peluang terbuka untuk berkarir sebagai translator, salah satu contohnya ada pada lembaga penyedia translate resmi seperti konsultan bahasa, lembaga pendidikan ke luar negeri, bahkan lembaga pemerintahan.Translator sangat dibutuhkan untuk membantu mereka membuat dokumen-dokumen berbahasa Inggris. Tidak kalah dengan peluang sebagai translator, interpreter pun mempunyai banyak peluang untuk menjadi penerjemah acara-acara internasional baik itu formal maupun informal seperti pertemuan para diplomat atau konser-konser internasional.

 

  1. Tour Guide

Sumber: travel.kompas.com

Banyak sekali tipe lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang tidak terlalu menyukai pekerjaan terikat seperti pekerja kantoran atau pekerjaan yang monoton, maka dari itu menjadi tour guide merupakan pekerjaan terbaik bagi mereka. Disamping memiliki jam kerja yang sangat fleksibel, pekerjaan satu ini terbilang sangat cocok dengan tipe lulusan yang memiliki jiwa bebas dan tidak ingin terikat. Sebagai lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang sudah mengantongi skills bahasa Inggris, kamu bisa membuka jasa open tour dimana sasaran yang dituju adalah para wisatawan internasional.

 

  1. Public Relation

Sumber: blog.lokerpalangka.net

Karir selanjutnya adalah menjadi seorang public relation atau biasa disingkat PR. Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris dianggap mampu untuk menjadi PR karena selain jurusan ini juga memberikan beberapa mata kuliah pilihan masih terkait dengan dunia PR seperti jurnalistik, business english, dan beberapa mata kuliah terkait bisnis lainnya. Bahkan lulusan Pendidikan Bahasa Inggris memiliki satu nilai tambah karena memiliki skill bahasa Inggris yang akan membuat mereka menjadi PR yang unggul ketika menghadapi klien internasional.

 

  1. Asisten Dosen atau Asisten Riset

Sumber: https://www.wise-geek.com/

Sebagai lulusan pendidikan, menjadi asisten dosen atau asisten riset bukanlah hal yang sulit. Terbiasa dengan mata kuliah tentang bagaimana merancang pendidikan yang baik, rasanya membantu tugas-tugas dosen seperti menyusun lesson plan, membantu mengajar, mengoreksi tugas mahasiswa akan menjadi hal yang pasti bisa dilakukan oleh seorang lulusan Pendidikan Bahasa Inggris,. Bahkan dengan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki, para lulusan ini bisa membantu para dosen untuk mempublikasikan hal-hal akademik dosen seperti penelitian dan karya ke dalam forum internasional seperti jurnal-jurnal akademik luar negeri.

 

Itulah beberapa prospek karir yang bisa ditempuh oleh para lulusan Pendidikan Bahasa Inggris, masih banyak prospek karir lain yang bisa ditempuh asalkan para mahasiswa mampu mengembangkan skill dan value yang tinggi, jadi jangan terpaku stereotype dengan jurusan pendidikan harus menjadi guru ya!

 

Penulis: Sri Indriani Fitri

Editor: Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.