Sekolah Kedokteran Pertama dan Tertua di Indonesia

Bisa berkuliah di kampus impian adalah harapan semua pelajar di Indonesia. Apalagi jika mereka mampu berkuliah Kedokteran di universitas impian mereka. Nah, taukah kalian dimana Sekolah Kedokteran pertama di Indonesia? Sekolah Kedokteran pertama di Indonesia didirikan pada tahun 1851 oleh pemerintahan kolonial Belanda VOC. Mungkin kalian tidak asing dengan nama universitas satu ini, ia adalah Universitas Indonesia. Universitas yang terletak di Depok ini adalah pioneer dari sekolah kedokteran di Indonesia.

Pada awalnya, pemerintah kolonial Belanda VOC ingin mendirikan sekolah medis untuk membantu bantuan medis untuk memenuhi kebutuhan tenaga asisten dokter pada saat itu. Pada pertama kali pembukaan sekolah ini, para pelajar dididik hanya selama dua tahun dan mereka  berhak  mendapatkan gelar “Dokter Jawa”. Namun, guna meningkatkan profesionalime, akhirnya durasi Pendidikan Dokter Medis tersebut diperpanjang guna menghasilkan dokter medis yang mumpuni. Alhasil, Pendidikan dokter yang semula berdurasi 2 tahun bertambah menjadi 6 sampai 7 tahun. Karena hal itulah Pendidikan Dokter di Indonesia berlangsung selama 6 sampai 7 tahun.

Selanjutnya, pemerintah kolonial saat itu juga mendirikan sekolah kedokteran pertama di Jawa Timur yaitu bertempat di Universitas Airlangga. Tidak hanya itu, Unair juga dinobatkan sebagai sekolah pertama di Indonesia yang memiliki Pendidikan spesialis Gigi pertama di Indonesia. Pada saat itu, Unair juga dikenal sebagai kampus dengan spesialis ilmu medis terbaik di Indonesia bersanding dengan Universitas Indonesia.

Nah, itulah sejarah tentang sekolah kedokteran di Indonesia. Beberapa metode pembelajaran dan pendidikan yang terbentuk sejak zaman kolonial pun masih terasa di Indonesia antara lain yaitu durasi belajar. Selain itu, munculnya dua sekolah kedokteran dan ilmu medis pertama dan tertua tersebut juga menjadi embrio berdirinya sekolah kedokteran dan medis lainnya di seluruh Indonesia. Fakta menarik lainnya adalah selain pioneer kedokteran di Indonesia, UI juga menjadi pioneer Fakultas Hukum (FH) pertama di Indonesia. Wah, luar biasa, yuk persiapkan diri kalian untuk bersekolah jurusan kedokteran dengan belajar rajin dan giat.

 

Source: ruangguru.com

Source of pict: megapolitan.kompas.com

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.