Sekilas Mengenai Jurusan Agribisnis UMY

Agribisnis adalah salah satu dari jurusan yang berada di Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jurusan yang juga dikenal dengan Jurusan Ekonomi Pertanian ini mempelajari bidang pertanian dan juga bisnis dalam pengelolaan pertanian modern dan industri makanan. Nah kira-kira bagaimana sih sepak terjang jurusan Agribisnis di UMY? Ini dia sekilas tentang Jurusan Agribisnis UMY.

1. Tahun Pendirian

Jurusan Agribisnis didirikan pada tahun 1986 menyusul jurusan Budidaya Pertanian yang terlebih dahulu sudah menerima mahasiswa baru pada tahun 1984. Awalnya, jurusan Agribisnis didirikan dengan nama awalnya yaitu Jurusan Ekonomi Pertanian.

2. Akreditasi

Akreditasi dari jurusan Agribisnis UMY sudah bergelar Unggul atau akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nasional (BAN-PT) dengan nomor 3031/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016 pada akhir Desember 2016 lalu.

3. Fakultas

Jurusan Agribisnis termasuk pada Fakultas Pertanian. Dimana Fakultas Pertanian memiliki dua jurusan yaitu Agroteknologi dan Agribisnis sendiri.

4. Perkuliahan

Nah, di prodi Agribisnis sendiri perkuliahan ditempuh selama 8 semester dengan beberapa mata kuliah seperti Ilmu Pertanian, Budidaya Tanaman, Komunikasi Pertanian, Manajemen Agribisnis, Teknik Produksi Pertanian di awal kalian memasuki tahun ajaran baru.

5. Dosen Agribisnis UMY

Selain dari mata kuliahnya yang memang mempelajari tentang ilmu-ilmu bisnis dan pertanian, dosen yang mengampu di jurusan Agribisnis sendiri merupakan dosen hebat dan berkualitas yang memiliki beberapa publikasi dan karya. Sebanyak 19 dosen yang saat ini terdaftar pada jurusan Agribisnis UMY.

Buat kalian yang suka dengan jurusan yang berkonsentrasi pada pertanian, Agribisnis mungkin menjadi salah satu jurusan yang bisa kalian masukkan sebagai wishlist jurusan kalian. Setelah mengetahui sekilas tentang Agribisnis, ternyata menarik sekali ya.

 

Penulis : Risma Nadya

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *