Sedikit Pengertian Tentang Skripsi

Apa itu skripsi?

Pengertian, jenis, dan unsur-unsurnya-bagi pelajar, tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Menurut KBBI, skripsi adalah karya ilmiah dan wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademik.

Lebih tepatnya, di Indonesia, skripsi merupakan salah satu syarat kelulusan sarjana atau S-1 (Strata 1). Biasanya disebut juga tugas akhir atau TA.

Sebenarnya, apa yang disebut artikel sains populer ini sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Diberi tugas menulis skripsi yang berisi latar belakang, rumusan masalah, tinjauan pustaka, dll. Setelah sekolah? Yah, hampir sama.

Hasil penelitian dituangkan dalam tulisan ilmiah. Hanya saja, biasanya di sekolah, kita cenderung membuatnya “gila” dari pada penelitian nyata. Biasanya kamu cuma buka Wikipedia, copy paste, seabreg bibliografi, tapi 90% dari blogspot dan sebagainya.

Oleh karena itu, kesimpulannya adalah karya tulis ilmiah hasil penelitian sarjana (S1), dan hasil penelitiannya dibahas sesuai kaidah penelitian dan kaidah pelaporan skripsi.

Skripsi bukan cuma tentang menulis karya ilmiah. Tentu aja, menulis karya ilmiah tentang ini lebih dari sekadar persyaratan kelulusan. Mengapa ada tujuan menuntut mahasiswa untuk dapat menyelesaikan tugas akhir ini?

Melalui menulis makalah, saya berharap siswa dapat berpikir logis ketika mendeskripsikan dan memecahkan masalah, serta menuliskan hasil pemikirannya sendiri ke dalam laporan yang terstruktur dan sistematis.

Karena tidak mudah untuk memahami suatu masalah, melakukan penelitian, analisis, mendapatkan hasil penelitian, dan menyusun laporan.

Nah jadi itu tadi sedikit penjelasan dari apa sih itu skripsi ,jadi udah nggak usah takut lagi untuk mengikuti skripsi ya sob biar cepet selesai juga kuliah kalian!!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.